4 Silinder 250cc, masih mikir value..???

Cerita pertarungan 250cc berlanjut terus, ketika Honda telah meluncurkan motor 250cc dua silindernya yaitu CBr250RR nah kembali menyeruak isu 4 silinder 250cc, beneran atau nggak yahh.. perlu ditunggu spyshootnya.
Namun point penting adalah, ketika Honda memutuskan untuk tidak menghadirkan engine 4 silinder 250cc untuk CBR250RR mereka, maka ruang persaingan akan terbuka lebar bagi pabrikan penguasa segmen 250cc saat ini Kawasaki untuk membuat produk yang lebih punya kekuatan imej di konsumen.

honda-cbr250rr-red-racing-2016

Nah kalaupun sampai Kawasaki mengeluarkan Kawasaki Ninja 250cc yah wajar saja, karena bukan apa-apa, tidak ada sesuatu yang baru jika memang Kawasaki ingin mengupgrade fitur Ninja 250 Fi sekarang untuk membendung CBR250RR, kenapa …??? Honda CBR250RR sudah all out secara fitur, mulai dari throttle by wire, riding mode, upside down, alumi swing arm. Nah jika mau melawan ini tentunya nggak ada nilai lebih di mata konsumen, semua sama, akibatkan jaringan 3S selanjutnya yang menjadi pertimbangan.

Nah cara sederhana yahhh, dengan mesin baru, konfigurasi baru, mau 4 silinder 250cc inline atau 250cc 2 Silinder V konfigurasi akan memberikan muansa baru pada produk, artinya akan terbentuk imej inovasi yang dilakukan oleh pabrikan ketimbang meniru fitur yang telah ada.

Nah balik ke Value, apakah 4 silinder secara value akan lebih besar dibandingkan produk kompetitor tergantung presepsi dan penerimaan konsumen. Namun yang jelas penentuan value, bukan hal yang akan membuat produk laku keras. Ada faktor yang kadang secara value tidak berharga namun ketika ditanam ke mindset konsumen, kekurangan akan dengan sendirinya ketutup oleh sifat arogansi pilihan konsumen lah yang selalu benar.
Nah kalau konsumen sudah mengutarakan kehendaknya, apakah pabrikan akan membiarkannya,mengingat potensi pasar merupakan peluang bagi pabrikan untuk tetap eksis dan hidup turun temurun. Apakah pabrikan akan menilai value produk ketika produk yang ada sudah keteteran dalam penjualan. Kan harusnya ini nggak terjadi kalau pabrikan segera bergerak saat produk kompetitor sudah terlihat gelagatnya untuk mendapatkan upgrade atau perbaikan.
Sooo balik ke judul, kalau sampai pabrikan merilis 4 silinder inline di segmen 250cc jelas memberikan nuansa baru dikelas 250cc, artinya, akan lebih banyak lagi produk yang punya potensi laku terjual. Nah masih mikir value kalau produk larisss, nggak lah ya terlalu naif kalau kita masih saja berbicara valuenya, cukup serve your customer better, they can go back to you.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s