Motor Listrik Viar peluang dan tantangan

Teka teki motor listrik Viar terjawab sudah. Dengan diperkenalkan Viar Pulse dan Viar Q, keduanya memang belum mass produksi namun peluncurannya boleh dikatakan suatu usaha Viar untuk mencoba masuk ke pasar yang memang diminati oleh banyak konsumen (matik) tetapi dengan cara beda. Jika mainstream masih menggunakan bahan bakar minyak sedangkan Viar mencoba dengan motor listrik.

Pict : tmcblog.com

TB coba melepas kajian teknis yang memang sudah dibahas oleh blog papan atas, mulai dari kecepatan, desain dan harga. TB coba masuk dengan beberapa pertanyaan yang sering menjadi pertanyaan terhadap teknologi baru.

1. Suku cadang : hal ini memang sederhana tetapi menjadi masalah besar dikemudian hari jika pabrikan tidak siap dengan suku cadang terhadap produk yang mereka miliki. Pabrikan besar pun tidak lepas didera masalah ini, sekalipun penguasa pasar belum tentu mudah menemukan suku cadang di dealer jaringan 3S pabrikan besar. Sooo untuk motor listrik Viar tentu harus siap hal ini, karena kekuatan penyebaran informasi yang begitu cepat, imej yang belum tertanam sempurna, kegagalan Viar dalam mempersiapkan layanan purna jual produk motor listrik mereka akan membuat produk yang lain akan terkena efek negatif. Hati hati…!!!!

2. Waktu charge : Mengisi bahan bakar batere motor listrik merupakan kendala yang relatif mempengaruhi pembelian produk, bayangkan kalau ngisi perlu 2-3 Jam, welehhhh weleehhh perlu persiapan yang cukup tentunya ketika hendak menggunakan kendaraan akibatnya nggak sepraktis motor bensin, yang begitu isi bbm langsung jalan. Pengembangana teknologi pengisian batere yang cepat dan efisien merupakan hal yange menjadi PR penting dan menjadi marketing point jika berhasil melakukan inovasi terhadap waktu isi batere kendaraan, bayangkan jika full charge hanya 15 menit.

3. Daya jelajah : Berapa jauh yang dapat ditempuh dalam sekali charge, juga merupakan hal penting mengingat konsumen Indonesia jelas memerlukan hal ini, untuk berpindah dari suatu kebiasaan ke kebiasaan lain dalam berkendara selain trend yang terjadi, inovasi pabrikan juga akan berhasil membuat konsumen berfikir logis dan memutuskan untuk menggunakan teknologi baru untuk kebutuhan sehari hari, bayangkan jika full charge 15 menit dan jarak tempuh 300km alammaakkk jelas akan menjadi pilihan yang sangat menarik.

3 hal diatas bagi TB adalah point krusial bagi pabrikan yang mengembangkan motor listrik, jika memang ingin dipergunakan secara luas, namun jika penggunaan hanya terbatas dalam lingkungan tertentu, maka apa yang telah ada saat ini sudah cukup, namun jika berhasil dengan point diatas dan teknik marketing yang ciamik maka waktu yang akan memberikan konsumen kepada kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s