Supra X 150 GTR, Sonic 150, Blade 150, mengunci segmen bebek sport…!!!

Suka nggak suka di Indonesia Honda begitu dikenal dengan motor bebeknya, sang bebek legendaris mulai dari C70 sampai generasi Supra merupakan petunjuk bahwa Honda nggak bakalan membiarkan pasar mereka disegmen ini terkikis, walaupun pasar terus tegerus namun tak ada alasan untuk membiarkan pabrikan lain menjadi raja di kelas ini.

honda-C70-tahun-1978

Nah balik ke judul, kok begitu yakin akan mengunci segmen bebek sport…??? Yuk kita lihat data yahh..

Screenshot from 2016-05-30 23:02:22

Dari data diatas terlihat bahwa Honda Sonic dan MX 150 memiliki trend stabil dan cenderung naik dari bulan ke bulan, berbeda dengan Suzuki Satria FU 150 fi yang mengalami trend penurunan dari bulan ke bulan sepanjang tahun 2016. Nah dari data tersebut terlihat bahwa Yamaha MX 150 menjadi jawara tentunya hal ini menjadi warning bagi Honda. Disini lain boleh dikatakan Sonic sudah berhasil membuat Satria fu injeksi kepayahan dalam bertarung, alasannya..??? Nanti TB bahas dalam artikel tersendiri.

Tentu dengan digdayanya MX 150, suka tidak suka Honda harus memiliki produk sepadan namun punya diferensiasi terhadap produk eksisting dari kompetitor. Nah muncullah Supra 150 GTR yang memang desain murni cub tetapi memiliki diferensiasi terhadap produk kompetitor yaitu lebih ke adventure cub. Walau demikian tetap nyaman untuk berkendara di area perkotaan.

Lantas yang masih misteri adalah kemungkinan Blade 150, bukan perkara sulit tohhh, mesin udah ada, desain juga nggak malu maluin, yahh tinggal launching. Sooo jadi ada tiga cub 150cc milik Honda di pasaran Indonesia. Tentu kolaborasi ketiganya merupakan ancaman yang dikhawatirkan oleh kompetitor mereka. Dari data yang TB paparkan diatas, bahwa potensi Sonic masih luas dan perlu dikembangkan, akibatnya perlu tandem, yang jelas sudah ada adalah Supra X 150 GTR, tinggal nunggu waktu blade 150cc kalau jadi.

Sebenarnya dengan Sonic dan Supra 150 GTR sudah cukup membuat Honda menjadi penguasa pasar namun hal tersebut melahirkan pondasi produk yang kurang kokoh sehingga ada manfaatnya jika Blade 150cc pun hadir sebagai lawan seimbang MX 150.

Bagaimana selanjutnya, kita tunggu sajahh ya Bro…!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s