Masuk pasar Indonesia, cerdik mencari ceruk

Penduduk Indonesia yang lebih dari 200jt jiwa merupakan pasar yang empuk bagi segala produk nggak terkecuali pasar roda dua. Bicara pasar roda dua, yahh pastinya nama-nama Jepang yang menguasai pasar yang ada di Indonesia saat ini, Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, seperti barisan samurai yang nggak disadari oleh Bangsa Indonesia, telah menguasai Indonesia pada pasar roda dua nasional

Flag_map_of_Indonesia

Bagaimana peluang pabrikan negara lain..??? Syulitt boii, namun peluang tetap saja ada, main di segmen niche jelas merupakan langkah awal penetrasi, sehingga bisa menancap di konsumen Indonesia, ingat konsumen Indonesia sulit untuk percaya new brand, kecuali nggak ada pilihan dari pemain eksisting. Di sinilah letak peluang tersebut.

Bukan perkara mudah menaklukkkan konsumen Indonesia, namun kecerdikan akan membawa kemenangan. Jika pabrikan melakukan skema kerjasama dalam mengeluarkan produk maka potensi untuk mencengkram pasar lokal jauh lebih terbuka. Contoh apa yang dilakuakn TVS dan BMW. Nah skema ini akan manjur karena memperoleh kepercayaan di konsumen Indonesia.

Kalau mau masuk sendiri maka kerja keras merupakan keniscayaan, contoh seperti TVS yang sudah lama masuk ke Indonesia dengan segala komitmennya belum meperoleh hasil yang memuaskan, kenapa…??? Pertama harus dipahami konsumen Indonesia beda jauhh dengan konsumen negara asal pabrikan tersebut, motor tak hanya harus reliable, tapi juga harus fasionable, ini yang terlupakan. Trend yang ada harus diikuti agar nggak kegencet…!!!

Nah beda dengan Viar, bermain dengan ceruk sempit namun maksimal membuat mereka tetap eksis dan cenderung membaik dari sisi pemasaran, sooo mereka cerdik bahwa raksasa Jepang bukanlah lawan, namun raksasa nggak bakalan main di pasar yang sempit, soo ini chance baik Viar dan akhirnya mereka eksis.

Silahkan pilih yang mana…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s