Aerox yang semakin keok

Sebenarnya TB agak bingung dan aneh dengan cara pikir dan tindakan pabrikan garpu tala dan usaha mereka bertahan dan fightback pada segmen matik di Indonesia. Bahwa konsumen Indonesia belum siap untuk memilih produk yang mereka kagumi walaupun mereka mampu secara finansial untuk membelinya kerapkali diabaikan oleh Yamaha.

aerox

Seperti tidak pernah belajar dari pengalaman mereka sendiri, Yamaha terus saja merangsek membabi buta untuk menguasai segmen matik.

Kehadiran Yamaha X-ride menjadi pelajaran bagi Yamaha, bahwa konsumen Indonesia tidaklah mundah menerima yang sifatnya revolusioner, sesuatu yang berbeda jauh dari pakem memilih kendaraan di Indonesia. X-ride yang tidak begitu sukses bukan lah karena hal yang aneh-aneh, penyebabnya hanya karena produk tersebut, berbeda secara desain dengan kebanyak produk matik, yang secara mainstream sangat disukai konsumen.

Dari hal ini YIMM harusnya segera menyadari bahwa Aerox yang mereka luncurkan tidak akan begitu dilirik oleh konsumen Indonesia, walaupun saat meluncurkan ada Valentino Rossi di sana namun kudu diingat bahwa skutik ini tidak mainstream. Target yang dipasang 120rb unit, alias 10rb unit perbulan jelas bukan angka yang realistik.

Dari sumber yang TB ketahui, bahwa sepanjang Januari 2016 Aerox hanya terjual 5.738 unit, dan kembali di Februari angka yang dicapai adalah 3.785 unit, amat jauh dari target 10.000/unit perbulan. Produk ini tidak mengalami spikes sama sekali, ini adalah warning bagi Yamaha untuk betul betul mendesain produk yang pas dan diterima oleh selera konsumen Indonesia.

Jangan menunggu sampai terpuruk habis kalau tak mau imej menjadi rusak di mata konsumen, suka nggak suka Yamaha harus segera merombak skutik ini untuk dapat dengan mudah menjadi pilihan konsumen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s