Pelajaran penting dalam membeli produk roda dua Honda..(bagian 1)

Pengalaman pribadi dan hasil pengamatan TB berkenaan dengan produk yang dikeluarkan oleh salah satu pabrikan terbesar dalam produksi roda dua tanah air. Tulisan ini tidak terlepas dari suka dan duka yang dialami oleh TB dalam membeli dan menggunakan produk roda dua keluaran Honda.

logo honda

TB sekeluarga pengguna motor Honda sudah sejak lama, sekarang eksisting motor yang dimiliki adalah, GL125 besutan tahun 1979, Supra 125 Fi tahun 2009, CBR250R besutan tahun 2011, Scoopy FI tahun 2013, Beat Pop ESP FI tahun 2015.

Semua motor secara fungsi umum berfungsi dengan baik, namun ada juga bagian bagian tertentu yang memang sudah tidak bisa diperbaiki namun tidak mempengaruhi kinerja secara keseluruhan dari produk tersebut. Misalnya indikator bensin pada Supra 125 Fi yang sudah rusak, namun motor tetap berfungsi dengan baik.

Nah karena sudah hafal dengan polah dan tingkah produk Honda pada umum nya TB berusaha menyimpulkan yang bisa dijadikan pijakan bagi pembaca yang punya kecenderungan untuk memilih produk Honda agar dapat menentukan pilihan yang tepat.

Tidak ada produk yang sempurna
Pertama harus disadari bahwa tidak ada produk yang sempurna, pemilihan terhadap suatu brand adalah hasil pengamatan, baik sisi teknis maupun non teknis dari brand tersebut.
Ruang lingkup sisi teknis dapat berupa kecanggihan produk, kemudahkan dalam layanan purna jual baik yang disediakan oleh jaringan 3S ATPM ataupun oleh pihak ketiga.

Sisi non teknis kadang sering dilupakan oleh pabrikan, bukan hanya suasana fisik dealer yang nyaman namun juga suasana hati dealer yang nyaman, artinya walaupun hanya membeli produk sejuta umat namun layanan yang diberikan harus punya standar. Memiliki staf dealer yang customer oriented bukanlah suatu yang sepele, justru ketika hendak membeli konsumen sering menjatuhkan pilihan pada produk yang didukung oleh person yang memiliki kedekatan emosional dengan pembeli sehingga membuat pembeli menjadi lebih nyaman dalam bertransaksi, mungkin sederhana, hal ini namun coba saja, efeknya akan sangat besar terhadap kepercayaan konsumen.

Beli produk yang sudah mapan
Produk yang baru meluncur kepasaran apalagi kalau judulnya All New, memang menarik untuk diminati tetapi perlu disadari, potensi masalah atas produk tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan produk yang sudah memiliki generasi pendahulu, penyebabnya sederhana saja, ketika kita membeli produk yang telah memiliki pendahulu maka potensi masalah sudah berkurang, dan tentu saja potensi yang bakalan membuat suasana hati dongkol dan tidak nyaman jadi lebih minim.

Bersambung….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s