Nafas tertatih tatih Honda di Belitong

2015 baru saja berakhir, namun usaha Honda menggoyang pasar Yamaha di Belitong belum menunjukkan hasil yang maksimal, apa penyebabnya, apa solusinya, apa yang udah on the path hal apa yang perlu improvement..!?

2008-honda-crf150fa

Kenapa Honda begitu sulit mengalahkan Honda di Belitong..??? Pertama yang kudu Honda clear dulu adalah Belitong punya ciri khas tersendiri dalam selera mereka melihat dan memilih produk. Silahkan Honda lihat data mereka kedalam, dari jajaran matik mereka, apa yang paling banyak dibeli..??? Beat kah atau Vario kah…??? Berapa banyak selisihnya…???

Lihat matik premium mereka, moncerkahhh..??? Bagaimana setelah kehadiran NMAX…??? Masih moncer…??? Hal pertama yang kudu Honda sadari bahwa brand value mereka tidak sekuat brand value Yamaha di Belitong, ini adalah kesalahan masa lalu memang, Honda harus perbaiki ini..!!! Dengan apa..??? Silahkan mikir, tetapi jujur saja bukan dengan dangdutan saja, dangdutan masyarakat seneng… tapi impactnya nggak besar, pasang mata pasang telinga, ikuti setiap event didaerah daerah yang belum mereka kuasai, mulai dari acara budaya, sampai acara adat istiadat, hal ini justru akan lebih mengena ketimbang membuat event sendiri, yang jujur saja bagi TB memberikan kesan berjarak dengan konsumen maupun pemangku kepentingan di daerah.

Cara pandang terhadap daerah nggak bisa disamakan, jangan pikir take and give, Anda bukan penguasa pasar..!!! Seimbangkan pola pikir ini, karena ketika hati masyarakat merasa nggak nyaman walaupun produk sudah dibeli dan dimiliki akan menjadi bumerang pada eksekusi berikutnya. Kalau masih mikir gue kasih sekian gue dapat apa akan sulit untuk bisa masuk lebih dalam ke kehidupan masyarakat. Tipikal masyarakat Belitong ketika hati mereka sudah terbuka, apa saja jadi saudara, nggak akan pernah ada hitung hitungan matematika, ketika engangement terjadi.

Kemudian pilih lah SDM yang handal dan militan, perlu waktu memang namun harus segera dimulai di segala lini, ciptakan semangat bertarung, suasana yang kondusif untuk memberi ruang kontribusi untuk kemajuan bersama, bukan perkara mudah, tetapi harus terlaksana, karena SDM salah satu pilar yang tidak terlepas dari kemajuan perusahaan.

Ini cuma pendapat pribadi TB saja, bisa benar bisa tidak, boleh diikuti boleh tidak… salam.

Iklan

One comment on “Nafas tertatih tatih Honda di Belitong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s