Hari Pelanggan, antara seremoni dan bukti…!!!

Walau udah lewat 4 September yang lalu, namun baru ketemu mood buat nulis makanya baru mau ditulis. Pada 4 September hampir semua perusahaan, terutama perusahaan swasta begitu sigap merayakan hari ini, managemen level atas pun nggak segannn untuk turun ke lapangan untuk memberikan apresiasi pada pelanggan mereka.

hari-pelanggan

Namun apakah konteksnya hanya hari pelanggan saja, tentu saja tidak, kalau kita bicara pada industri sepeda motor khususnya, jujur saja masih banyak konsumen yang merasa dirugikan oleh layanan pelanggan pabrikan, entah ketersediaan sparepart, kehandalan mekanik, layanan perbaikan atpm, dsb dsb. Semua kadang tidak disadari oleh pabrikan dan dengan adanya hari pelanggan seolah-olah permasalahan tersebut selesai dan tuntas he he.

Banyak hal sebenarnya yang menjadi PR besar masing-masing ATPM dengan customer mereka, dan dengan layanan purna jual yang prima mereka sebenarnya dapat dengan mudah menaikkan pasar dan memperbesar kue penguasaan pasar. Lho kok bisa…??? Bukankah dengan produk yang paling baik dan harga yang bersaing justru lebih baik..??? Betullllll… nggak salah, namun pembeli produk bukanlah robottt… yang nggak punya rasa, namun dengan membina good relationship justru membuat pembeli produk menjadi lebih kerasan dengan produk yang dibelinya.

Pabrikan yang berhasil mengkombinasikan keduanya akan membuat produk mereka lebih dipilih ketimbang kompetitor, selain itu juga penerapan tata kelola yang baik pada perusahaan akan semakin menambah kepercayaan. Menjadi komitmen dengan konsumen pun merupakan hal krusial bagi seluruh lini pabrikan, hal-hal kecil dapat memberi imbas yang besar.
Namun yang perlu disadari hari Pelanggan bukan sekedar seremoni atau janji-janji, tetapi merupakan komitmen untuk memberikan bukti yang lebih luas dan berdampak pada seluruh konsumen bukan hanya pada konsumen tertentu saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s