Tidak merilis Ayago, peluang atau ancaman

Pertarungan roda dua terus berlangsung, suka nggak suka memang masing-masing adu strategi yang berujung pada peluncuran produk yang berusaha memenuhi ekspektasi konsumen. Adalah segmen cub alias bebek yang secara marketshare makin berkurang namun masih menjanjikan kontribusi penjualan yang bagi pabrikan.

suzuki-satria-black-fire-ii-red


Rencana Honda merilis K56 a.k.a Sonic 150 jelas merupakan pertanda bahwa Honda hendak melakukan dominasi total terhadap semua segmen, produk yang isunya akan displit menjadi dua versi dengan basis engine yang sama yaitu ayago dan bebek murni.

Melihat kondisi ini Yamaha tidak seperti biasa membiarkan Honda untuk melakukan langkah penetrasi dua kelas bebek ini. Tanpa membuat kondisi tandingan yang sepadan. Soo ini akan menjadi peluang atau hambatan bagi Yamaha.

Jelas melihat usaha Honda memang secara finansial memerlukan effort yang besar agar dapat melakukan inisialisasi produk disegala lini. Nah di segmen produk ini Honda akan melawan dua pabrikan yang berbeda, di segmen Ayago jelas melawan Suzuki Satria FU. Sedangkan di segmen bebek murni akan melawan Yamaha dengan MX King 150.

Bagi Suzuki jelas sangatlah sulit untuk merilis cub murni 150cc karena memang Suzuki tidak memiliki track record yang baik di segmen ini.
Nah disegmen Ayago Yamaha paling tidak punya track yaitu dengan Yamaha Champ, jelas ada pengalaman masa lalu yang dapat membantu Yamaha fight, namun yang justru aneh Yamaha tidak berminat bermain di segmen ini.

Bagi TB dengan kondisi ini justru Yamaha berada pada posisi yang lemah, karena menutup peluang yang sebenarnya mereka miliki. Bagi TB sangat disayangkan, terutama sinyalemen yang menyatakan bahwa segmen ini tidak akan bertumbuh 😀 .

Belajar dari apa yang telah dilakukan oleh Suzuki maupun menilik langkah yang dilakukan oleh Honda harusnya ada optimistis pada segmen Ayago. Padahal kalau pabrikan mainstream berani masuk dan keberhasilan yang dicapai Suzuki harusnya menjadi trigger bagi setiap pabrikan untuk ikut memuaskan konsumen dengan produk Ayagonya.
Jangan sampai menyadari ketika segmen sudah didominasi total oleh pabrikan lain tentu akan menjadi sulit masuk kepasar yang telah ada he he.

Sayang kalau Yamaha nggak main di segmen ini karena memang DNA Racing Yamaha jelas sangatlah tepat untuk memasuki segmen yang menuntut performa ini.

Iklan

3 comments on “Tidak merilis Ayago, peluang atau ancaman

  1. Pilihan yg sulit utk yamaha mengahadapi serangan bertubi2 dr honda
    ———-https://yht2506.wordpress.com/2015/06/12/moge-berikutnya-yang-akan-diboyong-ahm-ke-indonesia/

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s