Tak hanya produk, layanan pun harus diperhatikan…

Walau pun produk bagus namun ketika layanan pelanggan tidak menunjang, maka performa produk akan menjadi tidak maksimal. Karena memang yang namanya jualan ada aftersales nah ini yang merupakan key faktor sebagai repeat order.

Mulai dari sekarang pabrikan kudu nyiapin aftersalesnya, nggak hanya sparepart saja tetapi juga bagaimana memperlakukan pemilik sepeda motor itu sendiri.
Namun yang paling penting adalah dari semua itu, akuntabilitas dari personal dan jaringan serta program.
Jangan pernah mengabaikan hal yang satu ini, belajarlah dari industri Jasa seperti perbankan kalau bicara layanan. Program promosi harus diukur agar terjaga akuntabilitasnya, jangan program promo berlindung dari keterbatasan transportasi, berlindung dengan berbagai gimnick kata-kata.

Jangan program promosi berhadiah langsung misal saja bulan mei – juni 2015 namun konsumen yang membeli di bulan Mei 2015 sampai akan berakhir bulan Mei 2015 belum menerima apapun..?? Dengan alasan hadiah belum datang..(lho ini kah program hadiah langsung…bukan hadiah tunggu 😀 😀 ) Sungguh tidak profesional..!!! Harusnya ketika program hendak di luncurkan semua pendukung sudah sangat siap dan ketika gong promosi dijalankan semua berjalan normal. Atau mengatakan berpromosi untuk Mei s.d. Juni tetapi ketika diverifikasi konsumen dikatakan mulai 21 Mei, ini sangat anehhh mengingat Mei itu di mulai dari tanggal 1 bukan dari tanggal 21.

Nah ini awal kisah dari layanan yang menjadi perhatian pabrikan, bahwa konsep pelayanan bukan hanya ketersediaan sparepart tetapi juga terintegrasi dengan hal – hal yang berhubungan dengan pabrikan langsung maupun tidak langsung, jangan pernah membentuk imej bahwa konsumen dibodohi atau konsumen didaerah justru tahu dari sosial media bukan saat membeli produknya langsung.

Ini PR Besar bagi setiap pabrikan, service culture harus menjadi ruh, sehingga antara pekerja dan konsumen terjadi engagement yang tentu akan berbuah manis menjadi repeat order dan rekomendasi lainnya.

Nggak percaya coba aja, walau pun pabrikan Anda tidak memiliki produk yang tidak penuh fitur dan sebagainya, tetapi ketika berhasil membangun engangement Anda akan merasakan bedanya…!!!

Iklan

One comment on “Tak hanya produk, layanan pun harus diperhatikan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s