Konsisten berteknologi

Pasti bro and sis mumet punya temen mencla mencle tohh, sebentar panas sebentar dingin, sebentar ke barat sebentar ke timur, akibatnya sampean pada bingung dan akhirnya ya udah nggak usah ditemenin tinggalin ajahhh.. 😀 😀

Begitu juga dengan motor, kunci keberhasilan Honda dalam menguasai segmen matik adalah konsistensi mereka dalam menerapkan teknologi pada produk yang mereka gunakan.

NM4_2015_01

Ingat jaman starter bletak, bunyi starter tersebut menjadi bagian bullying terhadap produk sayap mengepak di jagad blogsphere. Namun bullying tinggal bullying Honda tetap konsisten dengan starter bletak what ever ternyata penguasaan pasar matik justru terjadi saat Honda masih menggunakan starter bletak. Karena konsisten dengan penggunaan starter bletaknya konsumen akhirnya terkondisi bahwa memang matik dengan starter bletak tidak akan punya masalah dan pada akhirnya karena pembiasaan tersebut Honda berhasil meraih hati konsumen untuk bisa menguasai pasar matik Indonesia.
Memang bukan bletak yang membuat AHM menguasai pasar, tetapi fitur yang telah disematkan, namun yang perlu disadari bahwa sikap AHM yang tidak serta merta mengubah sesuai dengan keinginan konsumen tetapi justru memberikan alternatif lain yang menjanjikan bahwa produk mereka memiliki fitur lebih walaupun memiliki starter yang bletak.
Konsistensi ini pada akhirnye membuat sebagian besar konsumen percaya kalau starter bletak bukanlah masalah yang mengganggu motor yang mereka pilihan, tetapi sebagai pilihan mereka yang mereka lalukan dalam memilih skutik Honda.

Lanjut setelah segmen matik didominasi, maka untuk membuat dominasi mengakar dan menguat Honda perlahan tapi pasti melakukan transformasi teknologi mesin ke eSP engine. ESP engine bukan sesuatu yang baru, namun implementasi acg starter membuat konsumen merasa bahwa Honda melakukan big jump dalam mendengarkan aspirasi konsumen, walaupun sesungguhnya itu merupakan road map mereka yang telah direncanakan dari awal.
Perubahan ke eSP engine dilakukan dengan konsisten, satu persatu dan pada akhirnya menyeluruh. Sangat menarik, ketika hal tersebut tidak dijalankan secara sporadis, tetapi konsisten dan terarah, sehingga saat semua sektor ekonomi melemah, Honda dengan ditopang oleh motor matik memberikan pertumbuhan yang positif.

Garis besar semua ini adalah, persiapan yang menyeluruh dan matang, didukung dengan kemampuan mendengarkan setiap keluhan konsumen, yang pada titiknya menjadi mitra pabrikan dalam membangun produk yang disukai oleh Konsumen. Tindak dengan mudah melakukan perubahan arah produk, serta improvisasi yang berkesinambungan akan memberikan produk yang dapat dipercaya oleh konsumen.

Konsistensi terhadap improvement produk adalah harga mati jika ingin produk dicintai dan disukai oleh sebagian besar konsumen…. 😀 😀

Iklan

One comment on “Konsisten berteknologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s