Motor sport murah masihkah ditunggu konsumen…???

Honda Verza lumayan menuai sukses yahh brooo…. tetapi memang pasar yang berhasil dibuka nggak sebesar pasar pasar utama kelas 150cc yaitu road bike 150cc seperti CB150R, NVL yang menjadi core kelas ini.
Lantas peluang dan kebutuhan konsumen untuk segmen ini seperti apa sihh…

verza-banner-big

Kelas ini memang boleh dikatakan tidak akan menjadi kelas utama sport karena kelas utama sport masih dihuni oleh segmen atau genre anak mudah antara 17-25 tahun, namun kelas ini adalah kelas high utility bike, alias motor segala guna dan segala medan namun perlu biaya kepemilikan yang murah dan biaya penggunaan yang terjangkau. Artinya konsumen kelas ini adalah konsumen yang lebih memilih motor sport ketimbang bebek murah namun dengan harga terjangkau. Alasan sederhana karena sebagai motor kerja berat tentu perlu kenyamanan apalagi jika diajak bepergian jauh.

Sebagai first mover pabrikan akan diuntungkan jika produk disambut oleh konsumen, sehingga untuk bertahan mereka tidak terlalu pusing untuk melakukan ekstrim facelift. Artinya kelas ini kuncinya cuma satu cost..!!! Kalau cost lebih murah dengan produk spesifikasi yang mirip tentu akan membuat terjadinya switching konsumen baru ke produk yang lebih murah.

Jika pabrikan memberikan desain mirip-mirip dengan produk yang berada diatasnya maka pabrikan tersebut siap-siap saja kalau produk yang mereka rilis akan saling memakan. Lantas, dengan kondisi telah lama dihuni suatu pabrikan akan kah pabrikan yang baru masuk akan kompetitif…??? Balik lagi ke kondisi awal berapa harganya, dan fitur plus desain biji mane..???

Dari fakta yang ada saat ini jelas bahwa segmen ini tetap berkembang, karena konsumen jelas semakin pinter itung-itungan, nah pabrikan yang berhasil masuk kalkulasi konsumen lah yang bakalan menjadi pilihan sebagian besar konsumen.

Iklan

2 comments on “Motor sport murah masihkah ditunggu konsumen…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s