SDM yang handal akan sulit ditiru oleh Kompetitor

Bicara persaingan roda dua tentu banyak hal yang berhubungan dengan produk itu sendiri yang akan menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan pilihan. Mulai dari harga sampai dengan ketersedian suku cadang produk itu sendiri. Hal-hal yang berhubungan dengan produk ini adalah perkara yang mudah apalagi memiliki kekuatan finansial yang mumpuni. Dengan kekuatan finansial yang baik, hasrat memuaskan konsumen menjadi jauh lebih mudah dan sederhana.

thepowerofmoney

Namun dibalik semua itu, kekuatan finansial yang mapan bisa jadi tidak akan maksimal jika tidak didukung oleh sumber daya yang handal. Sumber daya yang handal justru dengan bahu membahu dapat membawa suatu perusahaan ke era kejayaannya.

Untuk itu sangat penting untuk membangun sumberdaya manusia yang handal, bukan hanya hardskill tetapi juga softskill, bukan hanya intelegensia tetapi juga integritas. Kunci kemenangan banyak pabrikan adalah SDMnya, duit alias modal bisa dengan mudah didapatkan tetapi SDM handal perlu investasi yang konsisten dan memadai. Pelatihan, role play, coaching merupakan sarana yang kudu diintegrasikan dengan pengembangan perusahaan.

Inti pengembangan SDM adalah bagaimana menempatkan manusia sebagai manusia, bukan sebagai barang dagangan atau komoditas, suka bayar nggak suka tinggal tidak seperti itu.

Perusahaan dengan mental besar untuk maju akan selalu punya waktu untuk mengembangkan sdmnya, bukan sekedar jargon saja tetapi lebih kepada perencanaan yang terus berkesinambungan.

Dunia otomotifpun tidak terlepas dari hal ini, dengan kehandalan sdm tentu peluang untuk menguasai pasar akan lebih mudah. Keuntungan akan didapatkan oleh perusahaan yang memiliki SDM handal. Karena yang kudu diingat bahwa investasi sdm adalah hal yang paling gagal dalam ritme suatu perusahaan. Peralatan dapat dibeli dengan uang, tetapi orang harus dibuat untuk menjadi tim yang handal dalam segala aspek.

Jika lini suatu pabrikan dari atas sampai bawah memiliki SDM yang handal dan bermutu, maka untuk memenangkan persaingan akan sangat jauh lebih mudah ketimbang hanya bermodal fulus saja, karena konsekuensi dari kehandalan sdm adalah militansi mereka dalam menjaga integritas dari suatu brand, hal ini berakibat pada sulitnya pabrikan lain dengan sdm terbatas walau dipenuhi fulus akan menyebabkan beratnya persaingan.

Nah sudah sudah saatnya investasi sdm tidak setengah-setengah, kalau setengah-setengah hasilnya juga nggak maksimal bro…!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s