Pertarungan jualan fitur vs harga, siapa pemenangnya..?

Dua pabrikan besar roda dua tanah air khususnya di segmen matik mempunyai pendekatan yang berbeda dalam usahanya menguasai segmen roda dua di tanah air. Perubahan pendekatan dilakukan pada tahun 2015 ini oleh pabrikan Yamaha terhadap pasar roda dua Indonesia. Mereka jelas sekali memanfaatkan strategi harga agar dapat melawan dominasi produk Honda yang syarat dengan fitur menawan.

05022012.Vario Techno 125 PGM-FI CBS Razor White

Dua sisi pertarungan ini akan menjadi pertaruhan besar kedua pabrikan. TB melihat Honda sudah menyiapkan dengan komunikasi Honda Smart Teknologi, yang tentunya juga secara above the line telah menyentuh ke khalayak konsumen Indonesia. Hal ini menjadi point penting ketika bertarung pada pasar yang melakukan serangan harga pada produk penuh fitur. Keberhasilan mengkomunikasikan fitur produk yang mereka miliki akan membantu konsumen untuk bisa memiliki pengetahuan saat menentukan pilihan.

Yamaha dengan langkah pasti dan percaya diri yang tinggi mulai menyerang dengan harga. Sadar akan sulit nya mendominasi fitur yang ada pada produk Honda mereka memberikan daya tawar harga yang lebih murah dari produk kompetitor dengan kubikasi yang sama.
Harga yang ditawarkan ini tentu sangat menarik konsumen, terutama diera perlambatan ekonomi di tahun 2015 ini.

Namun sesungguhnya faktor harga ini bukan lah satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli produk, tetapi keberhasilan dalam membangun komunikasi dengan konsumen tentang apa yang ditawarkan oleh produklah yang menjadikan produk dikenal kemudian menjadi pilihan.

Bagaimanakah persaingan dalam beberapa bulan kedepan..? Ini yang menjadi penting karena saat ini bukan lah waktu untuk melakukan justifikasi keberhasilan produk. Tetapi masih dalam masa awal produk-produk baru memasuki pasaran. yang akan berhasil produk yang mana, perlu waktu dan usaha keras masing-masing pabrikan untuk memikat hati konsumen Indonesia.

Kita tunggu saja Bro & Sis..!

Iklan

One comment on “Pertarungan jualan fitur vs harga, siapa pemenangnya..?

  1. Suzuki udah pake strategi kaya gitu dan gak berhasil dipasaran….kadang harga murah dan harga jual kembali gak jatuh jauh lebih berhasil ketimbang banyak fitur….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s