Yamaha NMAX menuai kesan positif, bagaimana distribusinya…?

Gaung NMax jauh lebih menggema di jagad blogsphere dibandingkan peluncuran Vario 150 sampai saat ini masih TB rasakan, feeling TB pun NMax jika tidakk segera diantisipasi oleh Honda, akan menjadi predator PCX 150.

Penyebabnya tidak lain terutama di pricing strategi saja, produk yang diproduksi oleh YIMM ini memberikan harga yang sangat kompetitif sebagai pemain baru dijagad entry level premium matik. Soo suka nggak suka akan terjadi aksi predator terhadap kompetitor dalam hal ini Honda PCX 150 yang memang memiliki banderol harga jauh lebih tinggi plus inden yang cukup lama untuk mendapatkan produk tersebut.

Namun ada sisi yang akan menjadikan Nmax menjadi lemah jika tidak diwaspadai akan membuat Nmax kembali jadi penonton ketika Honda membalas dengan All New PCX 150 produksi lokalnya.

Pertama adalah masalah kecepatan distribusi… Seberapa cepat barang tersebut akan terdistribusi ke konsumen, karena produk harus berpacu dengan kecepatan kompetitor merespon kehadiran saingan mereka. TB sangat meyakin AHM tidak akan diam saja. Transformasi yang terjadi pada AHM telah memperlihatkan bagaimana mereka begitu baik dalam merespon keinginan konsumen.
Jika saja NMax lambat hadir disetiap lini dealer dan juga perlu waktu lama untuk mendapatkan unit otomatis konsumen merasa bosan, dan bukan tidak mungkin pada saat yang bersamaan kompetitor telah mengeluarkan produk baru mereka yang juga punya harga 11 – 12. Artinya kehilangan kesempatan untuk meraih konsumen, karena mereka akan lebih memilih produk yang telah hadir terlebih dahulu.

Yang kedua tentunya sistem pembelian, konsumen yang hendak membeli unit dengan uang tunai jangan pernah dipersulit harus dengan kredit. Ini cerita lalu yang tidak boleh terjadi lagi jika memang punya keseriusan untuk hadir menjadi penguasa pasar roda dua Indonesia. Pengawasan principal menjadi sangat penting. Jangan sampai konsumen menjadi susah untuk memiliki produk yang diidam-idamkannya dengan cara pembelian tunai.

Artinya saat ini bukan waktu untuk bisa bersantai walaupun Anda memiliki produk yang oke dan diidamkan oleh banyak konsumen. Segala sesuatu bisa ditiru oleh kompetitor Anda apalagi dengan kemampuan finansial yang mumpuni. Soo bergegaslah memenuhi keinginan konsumen Anda.

Iklan

4 comments on “Yamaha NMAX menuai kesan positif, bagaimana distribusinya…?

  1. Telat sih mungkin enggak tapi upaya memenuhi kapasitas produksi dan kebijakan maksa kredit yang lebih menakutkan kalau di YIMM. Untuk diawal2 inden panjang mah biasa….sama kepuasaan konsumen terhadap produknya sendiri….inget ya ini yg beli konsumen yg kelasnya masih sensitif sama cost operasi nantinya bakal ada kejutan kalau konsumsi bbm termasuk boros dan harga bbm pas bergejolak…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s