Memperpendek siklus hidup produk, kunci tetap bertahan sebagai penguasa pasar…!!!

Banyak produk roda dua yang punya siklus bertahan lama, sehingga sering disebut punya everlasting desain, namun pada saat tuntutan pasar berbeda saat ini, baik konsumen yang semakin kritis maupun persaingan semakin ketat, maka mau tidak mau suka tidak suka, pabrikan kudu berbenah untuk menghadapi kondisi ini.

Saling serang di pasar roda dua, dengan cara meniru produk sukses adalah hal yang wajar, ibarat kata di mana ada gula di situ ada semut. Kalau konsumen menyenangi suatu produk tentu ada nilai positif yang terkandung dari produk tersebut dan pada akhirnya dengan gampang ditiru dan disempurnakan oleh kompetitor. Kalau sudah begini, bukan mustahil produk yang kompetitor akan menjadi lebih laris ketimbang produk inisiator yang terlebih dahulu dihadiri.

Prinsip tiru dan sempurnakan bukan hal yang haram, sooo, untuk melawannya dan menahannya tentu pabrikan kudu cerdik dengan terus melakukan inovasi dari produk yang mereka miliki. Dalam pasar yang ketat saat ini waktu berbangga diri sangatlah singkat, sehingga kebanggaan harus diikuti inovasi yang berkesinambungan.

Cara bertahan yang paling sempurna ditengah gempuran kompetitor saat ini adalah dengan inovasi. Desain dan teknologi harus selalu diperbaiki sehingga terjadi perubahan berkesinambungan dari produk yang menjadi andalan. Tanpa ini semua, atau terlambat mengantisipasi maka akn terjadi sesuatu yang berbeda, kompetitor punya celah untuk masuk dan menyerang, namun jika semua ditutup dengan rapat, maka kompetitor sangat sulit untuk menebak arah perubahan yang terjadi.
Akibatnya tentu gampang ditebak, produk akan tetap bertahan sebagai penguasa pasar dalam jangka waktu yang sulit ditebak. Artinya pula selama produk dilakukan inovasi sehingga setiap generasi punya waktu hidup yang pendek, karena segera diperbaharui untuk menghindari gempuran kompetitor akan menyebabkan produk selalu segar dan memberikan konsumen pilihan baru dari produk yang ada.

Tidak boleh lengah dan ceroboh semua kudu cepat dan terukur dengan akurat, sehingga produk tetap menjadi pilihan utama konsumen Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s