Masih signifikan kah pengaruh isu irit…???

Pabrikan-pabrikan roda dua terlihat sepertinya tidak mengabaikan lagi isu efisiensi, masing-masing mengedepankan bahwa produk mereka lah yang paling efisien dalam konsumsi bahan bakar, terutama pada segmen low entry yang memang sensitif terhadap isu-isu seperti ini.

mioooo

Nah ketika isu kenaikan BBM yang akan terjadi pada 1 Nopember 2014, kenaikan yang signifikan ini tentu akan memicu berbagai gejolak di pasar tanah air, yang pasti komponen harga jual pasti naikk…!!!

Trus jika BBM yang naik apakah konsumen lantas akan cerdas dengan memilih produk yang mengedepankan efisiensi penggunaan BBM. menurut hemat TB rasanya syulittt kalau hal ini akan terjadi, walau pun diserang mati-matian lewat berita test ride, berita perbandingan konsumsi bahan bakar. Namun sampai saat ini menurut TB imej irit masih sangat melekat pada pabrikan Honda.

Lantas, apakah besar implikasi kenaikan BBM ini pada segmen low end. Menurut pendapat TB, pertama harus disadari bahwa faktanya skutik entry level paking kencang saat ini hanya punya tangki bahan bakar dengan kapasitas maksimun katakanlah 5 liter dengan angka kenaikan yang ada maka selisih pengisian full tank jika kenaikan Rp.3.000,- sebesar 15.000,-
Apakah fakta ini berpengaruh dengan keputusan membeli konsumen, IMHO tidak. Point ini bisa menjadi pertimbangan tetapi yang pasti bukan yang utama.

Apa dong berpengaruh, menurut TB sederhana saja…!!! Desain, kemudahan membeli, idol efek.

Desain yang diterima oleh publik sangat mendukung usaha dari produk dapat menguasai atau menaikkan share penjualan produk tersebut. Karena pada pasar roda dua impresi fisik mempunyai faktor pendorong bagi konsumen untuk meminang produk yang ada.

Kemudahan membeli juga menjadi kunci agar produk tersebut dapat laris manis di pasaran, permintaan yang tertunda membuat konsumen mencoba mencari alternatif produk lain yang tentu tidak diinginkan. Kuncinya tentu kesiapan lini produksi harus paripurna. Tanpa kesiapan ini sulit untuk membuat pasar menjadi puas dengan layanan yang ada.

Idol efek… Bagi kawula muda idola adalah sesuatu yang hukumnya sahih untuk ditiru dan diikuti seleranya, nah dengan memberikan idol yang tepat pada produk akan membuat konsumen muda merasa perlu memiliki produk seperti yang dimiliki oleh idola mereka, artinya produk dengan menggunakan idola yang tepat akan memberikan efek yang baik dari sisi penjualan.

Berkaca dari tiga kondisi di atas, jika pabrikan betul-betul mau efisien dalam aktifitas ATL tentu penggunaan isu hemat adalah useless, beralihlah kepada isu-isu yang membangkitkan emosi konsumen, ingat …!!! Jaman sudah berubah, pabrikan yang dapat memberikan kelengkapan fitur plus pengalaman yang menyenangkan dalam berkendara akan mendapatkan apresiasi yang lebih dari konsumen dari pada berkutat dengan isu efisiensi, jamannya sudah injeksi, jargon dari isu umum yang diketahui khalayak ramai adalah setiap produk dengan injeksi tentu mengutamakan efisiensi sooo… let’s talk another clue 😀 ;-D

Iklan

3 comments on “Masih signifikan kah pengaruh isu irit…???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s