Fenomena gajah dan kancil dalam industri sepeda motor Indonesia

Gajah dan kancil adalah dua binatang yang menjadi maskot berbeda, gajah di kenal sebagai binatang besar, kuat tetapi lambat sedangkan kancil dikenal sebagai binatang kecil, cerdik dan lincah.

sang%2Bkancil%2Bdan%2Bgajah

Dua binatang ini boleh dijadikan penggambaran bagaimana pabrikan-pabrikan roda dua di Indonesia bertindak.

Pabrikan besar yang dikonotasikan dengan gajah, biasanya lamban dalam mengadaptasi perubahan, perlu lecutan pawang kalau di sirkus agar melakukan gerakan yang disenangi oleh penonton, nah kalau dipabrikan perlu dilecut oleh konsumen agar memberikan gerakan produk yang memang mengena dengan selera konsumen.

Positifnya pabrikan gajah punya kemampuan finansial yang oke punya sehingga masalah kapasitas produksi, masalah promosi tidak akan membebani dalam meraih simpati konsumen, nilai positif yang dimiliki oleh pabrikan berlevel gajah ini harus dibarengi dengan kecerdikan pabrikan kancil sehingga dapat dengan sempurna merengkuh konsumen. Jika sudah gini dominasi total akan terjadi.

Sedangkan pabrikan berlevel kancil, cerdik dalam membaca selera pasar, lincah dalam menyerap informasi sehingga mudah membuat perubahan, mudah memenuhi selera konsumen. Tetapi saking cerdiknya lupa untuk mendisplinkan komponen yang ada didalam agar tetap berorientasi kepada konsumen. Sibuk mengejar penjualan dan untung sehingga kadang-kadang konsumen merasa ditinggalkan.
Pabrikan ini bisa jadi gajah dengan cepat tetapi bisa mati juga diinjak gajah jika tidak pandai memanfaatkan kecerdikannya.Kemampuan tubuh yang kecil sehingga punya batas dalam berproduksi harus disikapi dengan cerdik yaitu dengan mengeluarkan produk-produk yang berorientasi full spek, sehingga konsumen langsung puas tanpa harus melirik kepabrikan lain. Negatifnya produk tidak banyak varian karena kemampuan produksi yang terbatas.
Pabrikan kancil tetap punya potensi untuk menjadi pabrikan gajah asal tetap fokus dan bergerak cepat dan lincah menghindari gebukan pabrikan gajah.

Nah siapa yang bakal menang di Indonesia, gajah apa kancil..??? Kita tunggu saja bro he.. 😀 he.. 😀 he.. 😀

Iklan

2 comments on “Fenomena gajah dan kancil dalam industri sepeda motor Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s