Fun to Ride, Easy to Control, Total Control

Judul diatas TB ambil dari filosofi Honda dalam membuat superbike mereka. Adalah Tadao Baba sebagai peletak filosofi tersebut, karena memang kala itu semua superbike cepat tepat ketika masuk ke tikungan semua kehebatan perlu kerja keras untuk mengendalikannya.

CBR1000RR_2014_01

Apa yang dilakukan oleh Honda dengan filosofi tersebut terbukti ampuhhh dalam merengkuh pasar, karena memang konsumen memerlukan kendaraan yang easy to ride walaupun kubikasinya besar.

Tidak cukup hanya itu Honda juga melakukan filosofi tersebut pada seluruh jajaran motor mereka, sehingga tidak heran jika konsumen gampang dalam mengendarakan motor Honda walau pun baru pertama mencobanya.

Namun filosofi itu juga memakan korban, kadang produk-produk Honda tidak sesuai dengan selera pasar yang ada. Contoh sederhana CBR250R, yang hanya menggunakan mesin 1 silinder, walau di pasar Indonesia konsumen lebih memilih yang dua silinder hanya karena sensasi suara dan aura motor gede yang dimiliki produk-produk seperti Kawasaki Ninja 250 maupun Yamaha R25.

Nah ini merupakan tantangan bagi Honda, nyerah pada selera konsumen atau bertahan dengan prinsip mereka dengan segala resiko yahh tinggal diperhitungkan saja. Bertahan tentunya Honda memerlukan kemampuan mereka untuk mengkomunikasikan dengan konsumen konsep yang mereka tawarkan. Tujuan tidak lain adalah melakukan edukasi pada konsumen sehingga konsumen memahami way of Honda. 😀 😀

Kalau konsumen sudah teredukasi dengan baik, maka tentu akan mudah bagi Honda untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan filosofi yang mereka tawarkan dan tentunya konsumen akan lebih mudah menerima…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s