Info bagi yang mau turing ke Belitong a.k.a Belitung

Nyambung cerita R25 yang bakalan turing ke Belitung tanggal 29-31 Agustus 2014 nanti, TB mau berbagi trik and trip sedikit mengenai jalanan di Belitung biar rekan-rekan yang melakukan turing lebih aware dan dapat menjaga keselamatan selama di jalanan di Belitong.

banner-header

Jalanan di Belitung sangat baik, aspal hotmix mendominasi jalanan yang biasa dipakai turing, baik oleh rombongan harley, ducati, maupun motor-motor lainnya, namun ada hal yang terpenting perlu dipahami, karena mulusnya jalan kadang kala rider suka lepas kontrol, sehingga mereka tidak waspada terhadap kontur jalanan yang ada.

Jalanan yang mulus ini dibarengi dengan tikungan tajam dan tanjakan serta turunan, hal ini lah yang sering membuat terjadinya kecelakaan saat turing, TB melihat hal ini yang sering terjadi saat rombongan moge luar pulau datang dan turing di Belitong, kadang mereka nyelonong masuk hutan karena tidak sadar kalau di depan ternyata tikungan tajam.

IMG_0478.resized

Turing biasanya dikawal oleh VOORIJDER dari Kepolisian kalau di Belitung menggunakan Yamaha XJ900P, tetap lah berada di belakang voorijder, jangan coba-coba mau ngetes voorijder nya, memang nggak tertulis aturan tapi perlu dipahami bahwa voorijder manusia juga ada sisi isengnya, karena voorijder sangat paham dengan kondisi jalanan dan tikungan maka kejahilan bisa saja terjadi, contoh sederhana jika di depan ada tikungan yang tajam, pada awal mungkin ketika hendak mendahului voorijder tidak memberikan jalan, tapi karena mereka paham bahwa di depan ada tikungan yang membahayakan maka mereka akan memberikan jalan beberapa saat sebelum tikungan, karena lagi full speed dan nggak tahu kondisi jalan bisa berakibat fatal dan membahayakan keselamatan rider. So jangan nafsu ikutin saja voorijder.

Oya hampir lupa, kadang aspal di Belitung, pada bagian tertentu ada yang berpasir, soo ini harus diwaspadai karena juga bisa membahayakan rider.

Terakhir jangan lupa berdoa, ingat anak dan istri kalau lagi nge-gasss, sing penting sampai selamat dan pulang selamat ketujuann yahh bro.

Happy Touring…!!!

Iklan

5 comments on “Info bagi yang mau turing ke Belitong a.k.a Belitung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s