Strategi yang terintegrasi membuat Honda semakin kuat…!!!

Kalau melihat pasar motor tanah air, maka suka nggak suka fakta memperlihatkan kalau motor-motor besutan Honda lewat AHM mengalami peningkatan dalam penjualan secara year to year.

logo honda

Apa yang dilakukan oleh Honda terlihat memang terintegrasi di semua segmen, tidak dilakukan secara sporadis, sehingga terlihat efeknya secara perlahan dan nyata.
Banyak yang menyangka kalau apa yang dilakukan Honda apalagi disegmen sport belum optimal, terlihat kasat mata memang belum ? Apalagi ketika kompetitor terdekat mengeluarkan R15 dan R25, tapi kudu diingat dua produk masih dalam masa spike dan Honda masih memiliki minimal satu produk sport yang juga menjadi kekuatan yaitu CBR150 versi lokal. Semua dilakukan dengan strategi yang rapi dan terintegrasi. Ketika melakukan penyerangan pada satu segmen, segmen lain tetap terjaga dan terus mendominasi.

Nah tentu ini bukanlah hal yang mudah, membuat matik dan bebek tetap berada dalam genggaman sambil menggempur segmen sport yang belum dikuasai. Segmen sport Yamaha telah mengeluarkan semua kekuatannya yaitu R15 dan R25. AHM selaku representatif Honda di Indonesia, terlihat sadar betul bahwa disegmen 250cc tidak melakukan pertempuran besar, tetapi kurusetra justru ada disegmen 150cc yang menyumbangkan market share terbanyak. Analisa TB disegmen 250cc AHM akan masuk diujung pertempuran Yamaha dan Kawasaki.

CBR150 lokal yang siap meluncur harus diiringi strategi yang baik untuk mengedepankan kedigdayaan sport Honda di MotoGP, soo penggunaan Marc Marquez rasanya sangatlah bijak karena selain juara di 2013 pada musim 2014 sembilan seri awal sudah disapu bersih baby alien ini.

Lantas apakah cukup CBR150 lokal saja, menurut TB sih belumlah cukup perlu satu produk komplementer CB150SF yang lebih berotot agar dapat memberikan pilihan dua naked mid end. Berkaca dari matik bagaimana AHM membekan produk dengan teknologi semacam ISS maupun CBS maka pada segmen sport semua dibedakan dengan tampilan fisik dan tambahan aksesories pelengkap.

Yang menjadi kelemahan AHM klasik adalah pada ketersediaan sparepart dan janji aksesories yang mereka buat sendiri. Contoh ketika AHM merilis CB150SF bagaimana TB juga menunggu upside down depan yang dijanjikan sebagai aksesories pelengkap tetapi pada kenyataanya hanyalah omong kosong belaka. Hal-hal seperti ini perlu AHM segera perbaiki dan klarifikasi. Jangan mudah mengumbar janji kalau sulit menepatinya.

Iklan

One comment on “Strategi yang terintegrasi membuat Honda semakin kuat…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s