Perlu strategi lebih dari sekedar menaikkan kubikasi di segmen matik..!

Pertempuran pasar roda Indonesia memang sangat ketat, duo raksasa, Yamaha dan Honda saling serang dan sikut, walau faktanya Honda berhasil menguasai pangsa pasar total roda dua Indonesia.

Forza_2014_01

Kedigdayaan Honda tidak terlepas dari kekuatan mereka di segmen matik yang berhasil mengambil alih kekuasaan Yamaha yang pada awalnya mendominasi segmen ini. Apa yang dilakukan oleh Honda ketika merebut segmen ini bukan merupakan perkara yang mudah, lihat saja integrasi dan diferensiasi yang mereka lakukan. IMHO ketika konsumen beralih ke skutik Honda saat awal memilih semua tak terlepas dari strategi besar Honda dalam mengunci hati konsumen dengan berbagai teknik marketing ditimpali dengan produk yang memang pas dan sesuai dengan ekspektasi konsumen.

Bagaimana dengan strategi kubikasinya, lihat saja AHM tidak melihat strategi ini sebagai suatu keuntungan atau kelebihan, mereka berani head to head dengan kompetitor perihal kubikasi. Sooo kubikasi pada titik strategi bukan merupakan kampanye yang efektif bermain di segmen masal matik.

Harusnya matik segmen masal pada kasta terendah lebih memperhatikan gap yang diperhatikan antara matik low end dengan matik midle end maupun high end artinya, matik low end kudu dapat fitur-fitur matik high dan midle namun dengan beberapa kompromi, sehingga harga pun bisa dijangkau pada segmentasi tersebut.

Ini menjadi penting karena kasat mata konsumen melihat adanya fitur-fitur tersebut, dan jika pabrikan bisa menyulapnya untuk dinikmati disegala lapisan tentu akan menjadi positif poin.

Nah untuk melakukan fight back, tentu sang kompetitor harus memberikan produk yang lebih baik. Secara keseluruhan tentunya, nah disini pentingnya kalau memang pingin balik menguasai paling tidak jarak antar segmen tidak terlalu jauh. Namun jika hanya melakukan serangan secara sporadis tentu akan memberikan hasil yang tidak maksimal dan akan dengan mudah dan cepat dicounter oleh penguasa pasar.

Soo be creative kalau pingin ngelawan raksasa 😀

Iklan

One comment on “Perlu strategi lebih dari sekedar menaikkan kubikasi di segmen matik..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s