Moment of truth

Pernah merasa kesel dengan suatu layanan kemudian karena recovery dari pemberi layanan menyebabkan kita kehilangan rasa kesal dan kembali merasa nyaman dan semakin percaya dengan layanan yang diberikan ???

mot

Kemudian tak beberapa lama sang pemberi layanan kembali menelpon untuk memberikan konfirmasi akan permasalahan yang kita hadapi, dan kita pun semakin percaya bahwa kita tidak dibiarkan walk alone.

Kejadian ini ibarat siraman seteguk air di padang pasir yang luas yang menjadikan konsumen yang semula beranjak hendak meninggalkan melangkah pergi menjadi balik semakin mendekat dan memberikan kembali kepercayaannya kepada kita.

Kejadian kejadian ini lazim terjadi, kejadian kadang memang terjadi di luar kemampuan maupun keterbatasan kemampuan, jika sudah terjadi maka recovery adalah kata kunci yang harus dilakukan. Memang menjaga jauh lebih baik ketimbang mengakuisi pelanggan baru.

Namun memang tidak semua harus dipertahankan ada hitung-hitungan yang mesti dilakukan, di samping mempertahankan kita juga harus rela melepaskan jika tidak sesuai dengan profile produk yang kita miliki. Kok bisa ??? Bukankah semakin banyak pelanggan semakin baik, revenue meningkat ??? Belum tentu juga coba lihat Apple inc. Mereka tidak menggunakan konsep sapu jagad, sehingga mereka hanya menyediakan produk yang membuat mereka dipilih oleh kelompok tertentu saja.

Sooo artinya lagi, pentingnya menjaga pelanggan merupakan suatu keniscayaan dalam bisnis apapun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s