Membuat kompetitor selalu merasa menang.

Dalam persaingan roda dua yang ketat kadang banyak trik yang dilakukan oleh pabrikan terutama dalam usaha menguasai pasar yang sedang dimiliki oleh kompetitor. Banyak cara dan usaha agar hati konsumen dapat berpindah. Pemberian fitur yang berguna bagi kompetitor dengan dibundel harga yang masuk akal membuat produk menjadi pilihan konsumen.

PocketSunTzu

Di sisi produk langkah tersebut memang tepat dan membuat konsumen semakin goyah dalam pilihan. Tetapi jika tidak terpadu dengan strategi menidurkan kompetitor akan membuat kompetitor cepat bereaksi atas yang telah dilakukan sehingga usaha pun mulai diganjal oleh kompetitor.

Penting bagi penyerang untuk membuat kompetitor merasa nyaman saat mulai memasukkan produk ke pasar yang sama, sehingga kompetitor tidak peduli bahkan tidak sadar posisi mereka terancam. Akibatnya kompetitor akan membiarkan produk yang muncul, dan jika ini terjadi pabrikan yang hendak menyerang punya nafas yang bagus untuk bisa menyusun pondasi sehingga ketika mereka menyerang mendadak dan kompetitor yang diserang menyadari, sudah terlambat … so de javu…!!!

Pabrikan Honda TB lihat menerapkan strategi ini, seolah tak berdaya memasuki pasar, dilecehkan dianggap tidak mengerti konsumen, namun perlahan tapi pasti memerogoti pasar yang ada, mengambil alih secara perlahan pasar yang sebelumnya nggak dijaga oleh kompetitor karena terbius oleh kemenangan, dan pada akhirnya kesadaran sudah terlambat.

Disinilah yang sering terlambat Yamaha sadari, kasus segmen matik adalah contoh nyata kelalaian Yamaha dalam mengantisipasi setiap pergerakan kompetitor, bagaimana segmen sport, akankah Yamaha masih seperti menangani matil ??? Waktu yang akan menjawab Bro…!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s