Harga dari Kredibilitas…!!!

Kredibilitas sangatlah penting dalam segala bidang, begitu juga dalam dunia roda dua. Apalagi pada dunia roda dua yang menyangkut market segmented alias terbatas seperti pada segmen moge.

ducati-diavel-6

Nah jangan heran kalau untuk menjaga itu, Pabrikan moge menutup sementara dealer yang terafiliasi dengan brand yang mereka usung jika terindikasi mengecewakan konsumen seperti yang diberitakan di sini.
Langkah ini adalah usaha mempertahan kredibilitas brand yang telah bertahun-tahun mereka bangun, lebih baik kehilangan mitra dealer dibandingkan kehilangan konsumen mereka.

Nah bagaimana di level motor kecil ??? Apa perlu kredibilitas, ya pasti perlu lah kalau nggak ya sama aja ditinggalkan oleh konsumen. Pertanyaannya sampai ke level mana penjagaan tersebut mengingat di level ini jumlah diler begitu banyak, bagaimana kontrol tersebut.

Disinilah peran aktif konsumen dalam memberikan informasi ke ATPM mengenai layanan dealer mereka, mulai dari penjualan, perawatan dan perbaikan sampai pada suku cadang. Respon pada hal-hal inilah kredibilitas bisa dibangun di mata konsumen, tak jarang konsumen kecewa pada suatu brand tetapi ogah meninggalkan brand tersebut karena ada hal lain yang memberikan kredibilitas di mata konsumen.

Contoh yang TB alami, seringkali TB kesulitan dalam hal sparepart pabrikan Honda di Belitong, banyak lah alasannya, ini lah itu lah, yang pasti alasan tersebut tidak masuk akal kalau dalam sudut pandang konsumen, karena semua seperti berulang-ulang tanpa solusi yang signifikan. Namun kredibilitas lain brand Honda sampai saat ini membuat TB tetap bertahan dalam memilih produk buatan Honda untuk aktifitas sehari-hari. Mulai dari fitur produk, rasionalitas produk sampai ke hubungan antar personal di diler Honda membuat TB merasa nyaman untuk tetap menggunakan brand Honda.

Kredibilitas bukan hal yang dapat dibangun dengan waktu singkat, tetapi menghacurkannya dapat dilakukan dalam waktu singkat. Sehingga sangat penting bagi tiap ATPM untuk selalu menjaga pandangan konsumen terhadap mereka dalam hal ini. Komitmen terhadap perkataan dan perbuatan adalah nilai penting dalam membina kredibilitas, jangan gunakan alasan marketing untuk menjadi tidak komitmen dengan apa yang telah disampaikan. Karena marketing adalah bagian terintegrasi dari kredibilitas yang dibangun oleh pabrikan.

Diam akan menjadi emas jika ditempatkan pada situasi dan kondisi yang tepat…!!!

Iklan

2 comments on “Harga dari Kredibilitas…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s