Segmen road/sport bike cukup kuasai 150cc dulu

Segmen sport memang tidak lah dominan dalam pasar roda dua di Indonesia, namun ibarat jantung di tubuh manusia fungsinya memompakan imej brand ke seluruh lapisan konsumen sangat lah dominan.

racer-clouds-road-motorcycle

Penguasaan segmen sport memberikan aroma tersendiri bagi pabrikan yang menguatkan pencapaian imej dominan di hati konsumen. So wajar jika pabrikan berdarah-darah memperebutkan segmen ini, lihat gigihnya Kawasaki membangun benteng pertahanan sebelum diserang oleh kompetitornya, 250cc singel dan dual silinder digelontorkan untuk mengisi celah sehingga tidak memberikan ruang gerak yang leluasa bagi konsumen.

Namun secara kuantitas justru kelas 150cc lah yang punya andil penting dalam memberikan market share, harga yang terjangkau oleh sebagian besar konsumen Indonesia membuat segmen ini punya pangsa pasar yang besar, ditambah dengan kondisi jalan Indonesia yang memang mengalami banyak masalah cenderung membuat segmen ini paling diminati, karena ringan dan cukup bertenaga.

Nah di sini posisi kunci produk ini, penguasaan segmen 150cc akan mempermudah untuk menguasai segmen lainnya karena pada segmen ini edukasi dan penguatan imej terjadi. Pengguna 150cc punya kemungkinan naik ke segmen 250cc dan seterusnya. Sekali sudah merasakan nikmat suatu brand di 150cc maka potensi untuk tetap berada pada brand tersebut akan besar.

Nah tentu tidak mudah menguasai segmen ini tetapi jika pabrikan ingin eksis di belantara sport Indonesia menjadi dominan di segmen ini adalah harga mati..!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s