Eropa lebih terbuka terhadap brand baru ?

Eropa memang pasar yang relatif potensial karena memang secara ekonomi negara-negara di sana adalah negara maju yang memiliki pendapatan perkapita besar.
Tentu bagi brand yang sudah eksis maupun brand baru ini adalah potensi yang layak diperhitungkan.

Test_Sym_Wolf_250_SBI-2

Memang kalau negara udah maju penduduk udah mapan ketergantungan terhadap satu brand lebih kepada rasa nasionalisme saja, namun secara umum logika lah menjadi raja, fungsional adalah kata kunci, berapa banyak fasilitas dengan berapa banyak uang yang dikeluarkan adalah ukurannya, karena memang untuk masuk ke pasar eropa pabrikan kudu mengikuti standar yang ada disana dan lembaga pelindung konsumen sudah bekerja seperti harusnya mereka bernama.

Soo pakai brand apa aja bukan jadi masalah, otoritas memastikan bahwa konsumen tidak akan ditelantarkan jika terjadi masalah pada produk yang dibelinya. Soo amanlah uang mereka.

Di sebagaian negara berkembang keadaan berbeda, konsumen lah yang kudu waspada, perlindungan konsumen sebatas wacana dan retorika. Ini yang membuat fanatisme brand terjadi soo akibatnya brand brand baru yang punya niatan baik untuk menghadirkan produk dengan harga murah namun rich feature jadi dianggap nggak relevan, selalu saja istilah “harga tidak berbohong” menjadi barometer.

Soo perlu kerja keras bagi brand baru untuk masuk pasar negara berkembang layaknya Indonesia, cara yang paling cerdik adalah memasuk eropa dan sukses disana kemudian barulah menyerbu asia, semoga…. 😀 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s