Bukan first mover, perlu diferensiasi..!!!

Semua tindakan ada sebab akibatnya, berhasil atau gagal merupakan buah dari visi terhadap produk yang akan dijual di pasaran. Menjadi first mover jika jelas visi yang dicanangkan terhadap produk serta cerdik membaca keinginan konsumen akan berbuah manis kepada penjualan produk.

2011-Honda-CBR250Rc

Nah ketika first mover menuai hasil manis, maka akan memancing pendatang baru masuk ke pasar yang ada yang tentunya akan mengganggu pasar first mover secara keseluruhan. Namun agar dapat melakukan gangguan bukanlah perkara mudah, karena secara mindset produk first mover sudah memiliki mindset yang tertanam baik di hati konsumen.

Tetapi hal tersebut bukan tidak dapat dilakukan, fakta membuktikan kedigdayaan skutik Yamaha kudu bertekuk lutut dihantam oleh skutik-skutik Honda yang kaya akan fitur dan teknologi. Hal ini merupakan pembelajaran penting bagi brand yang mau masuk sebagai follower. Bagaimana Honda selalu mempersenjatai skutik mereka dengan fitur yang tidak dimiliki oleh pesaing yang lebih dahulu dan menguasai pasar serta konsistensi pabrikan Honda untuk melakukan pengembangan-pengembangan tekonologi skutik mereka yang pada akhirnya fakta menunjukkan mereka menjadi raja skutik di Indonesia sekaligus sebagai market leader.

Nah lain matik lain sport, jika matik fungsionalitas adalah segalanya, pada segmen sport TB melihat performa dan harga adalah mindset utama. So jika pabrikan yang hendak masuk ke segmen sport maka afaktor performa produk saat diluncurkan kudu menjadi bahan pertimbangan penting, tidak kepada potensi performa yang dapat digali.
Studi kasus CBR250R dengan Ninja 250R dual silinder. Standar Ninja lebih perform, tapi ketika potensi CBR250R digali justru Ninja tidak memberikan perlawanan yang berarti. Tapi karena konsumen cenderung menggunakan produk sebagai daily use product maka performa standarlah menjadi acuan.

Nah sekarang tinggal bagaimana Kawasaki melakukan positioning produk Ninja mono mereka bagaimana memberikan peak power lebih baik dari kompetitor yang telah ada saat ini, bagaimana hasilnya, kita lihat setelah produk meluncur nantinya.

6 comments on “Bukan first mover, perlu diferensiasi..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s