Motor Sport jangan coba-coba main cc nanggung..!!!

Imej motor sport alias road bike adalah motor yang memiliki kemampuan (speed) di atas motor lain seperti matik maupun bebek walaupun secara fakta belum lah tentu benar.

vixion_fairing7

Nah dalam konstelasi besar roda dua Indonesia, road bike hanya memiliki dua kubikasi yang menjadi barometer, yaitu 150cc yang merupakan mass produk yang menjadikan tulang punggung pabrikan dan 250cc yang menjadi flagship masing-masing pabrikan untuk kubikasi sampai dengan 250cc.

Dua konstelasi ini lah yang mendominasi secara penjualan (150cc) dan mendominasi secara mindset(250cc). So kita bisa melihat fakta bahwa kubikasi selain itu menjadi nothing baik secara mindset maupun secara penjualan.

Apakah pabrikan cerdik menangkap ini ??? Menurut TB arahnya semua pabrikan mengerti hal ini sehingga terlihat melakukan penyederhanaan terhadap kubikasi motor yang mereka produksi.

Lihat saja Honda yang memproduksi motor sport low end mereka Verza dengan kubikasi 150cc walau dalam sejarah motor low end mereka memiliki motor sport 135cc GLMAX dan Honda Win 110cc. Ini menunjukkan bahwa pabrikan Jepang semakin menyadari bahwa melakukan diferensiasi dengan kubikasi bukan lagi merupakan urgensi dan tidak menjadi pilihan di mata konsumen.

Suzuki pun dikabarkan akan merilis GS150 sebagai pengganti legenda mereka Thunder 125. Fakta-fakta ini yang kudu diamati oleh pabrikan India jika ingin menggelontorkan produk mereka di Indonesia, sebut saja pabrikan seperti TVS motor dengan Apache mereka. Kubikasi yang mereka berikan di atas kelaziman mass market di Indonesia, hal ini tidak lah menguntungkan, karena walaupun mengatakan power yang mereka keluarkan lebih besar namun konsumen dengan mudah menjawab :

yah jelas saja lha wong CC nya lebih gede 😀 😀

3 comments on “Motor Sport jangan coba-coba main cc nanggung..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s