Pabrikan besar ekspektasi konsumen juga besar..!!!

Maksudnya apa brooo..!!! Yup lazimnya, terhadap setiap pabrikan roda dua, konsumen punya pengharapan tertentu, terhadap produk yang dikeluarkan oleh pabrikan tersebut. Besarnya harapan konsumen menurut pendapat TB sangat berbanding lurus dengan seberapa besar kapitalisasi usaha pabrikan tersebut di Indonesia.

2011-Honda-CBR250Rc

Semakin besar pabrikan semakin besar pula ragam harapan konsumen dengan produk yang akan dijual di Indonesia.
Masih ingat bagaimana ketika CBR250R menjadi ambigu di mata konsumen Indonesia ketika berhadapan dengan Ninja 250cc, bukan karena apa-apa, ketika pabrikan sekelas Honda menggelontor produk 1 silinder yang sebenarnya tidak lah inferior dari produk yang telah ada (dibuktikan di IRS) namun ketika sudah ada pabrikan pendahulu maka konsumen pun mulai memperbandingkan dengan produk yang telah ada, soo kondisi ini menjadi menarik karena produk pendatang baru milik pabrikan yang lebih besar kapitalisasinya di Indonesia ketimbang pabrikan yang telah lebih dahulu meluncurkan produk tersebut.
Akibat nya konsumen juga pingin dan ngebet agar pabrikan besar membuat produk yang berimbang dengan produk telah ada, namun apa daya harapan tinggal harapan semua berbasis riset Internal pabrikan yang mengedepan konsep-konsep yang dikembangkan oleh riset mereka.

Nah sebaliknya ketika satu silinder Kawasaki nongol tidak terlihat ada cemoohan berarti dari peluncuran ini padahal semua juga tahu kalau engine yang digunakan juga satu silinder. Karena mindset 2 silinder telah tertanam kuat mengakar di masyarakat, maka jika produk pendahulu sudah dimiliki, produk berikutnya tinggal jalan nebeng sang Kakak.

Kekalahan penjualan engine 250cc di Indonesia dan kemunculan produk baru pesaing utama segmen 250cc dari Yamaha, kembali memunculkan rasa di konsumen bahwa kemungkinan peluncuran 250cc dua silinder Honda kembali mengemuka.

Namun seperti yang sebelumnya semua hanya terkaan dan ekspektasi saja, pasar segmen ini bukanlah pasar empuk sehingga tentunya sekedar ada saja dan sesuai track visi perusahaan lah yang utama.

Perlu pasar yang empuk untuk membuat pabrikan keluar dari visi dasar mereka dan mengikuti ekspektasi konsumen he he he :mrgreen: :mrgreen:

One comment on “Pabrikan besar ekspektasi konsumen juga besar..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s