Tahun politik 2014, gimana pertarungan roda dua.

Jujur saja, tahun 2014 merupakan tahun yang gejalanya sudah muncul dan terlihat dari saat ini. Karena memang tipikal negara berkembang yang bekerja dengan sistem demokrasi maka perubahan suhu politik sedikit banyak mempengaruhi perekonomian bangsanya.

Pemilu 2014 Logo

Trus bagaimana yahh hubungan nya dengan pasar roda dua itu sendiri, jika banyak sektor seperti perbankan melakukan usaha dan upaya untuk melakukan persiapan menyikapi tahun politik ini, maka di industri otomotif roda dua akan seperti apa ???

Menurut TB, coba mulai ditahun 2013 ini saja sebagai acuan pertama. 2013 sudah akan berakhir dan penguasa pasar masih dipuncaki oleh Honda lewat AHM. Tetapi pengusaan ini belumlah lengkap karena segmen roadbike atau motor sport atau motor laki masih menyisakan PR besar bagi pabrikan Sayap mengepak ini.

Memang 2013 dalam hitungan TB sulit bagi Honda bisa langsung menang dalam penguasaan pasar dengan mudah. Tahun 2014 TB perkirakan Honda akan berusaha melakukan kudeta segmen ini, hal ini dapat dimaklumi, sang penguasa segmen akan semakin keteteran ketika mereka tidak segera melakukan diversikasi produk, sebut saja tekanan disegmen lain (matik dan bebek), membuat mereka (YIMM) seperti kehilangan akal, kesimpulan ini menurut TB terlihat bagaimana pabrikan garputala ini melakukan pembuatan produk.

Jepitan matik dan bebek oleh Honda selama ini jelas akan semakin kuat dan menggila, momen ini akan membuat konsentrasi Yamaha untuk segmen sport bisa menurun. Bagaimana tidak hitung-hitungan bisnis jelas menampakan matik dan bebek merupakan penyumbang pertama dan kedua pabrikan roda dua.

Pertarungan besar masih akan tetap terjadi antara dua raksasa dari Jepang ini. Pabrikan lain semisal Suzuki masih saja akan berkutat dengan internal mereka sendiri, akibatnya produk yang meluncur hanya sebatas disenangi oleh desainernya bukan disenangi oleh konsumennya.

Bagaimana dengan daya beli masyarakat itu sendiri. Melihat situasi dan kondisi saat ini terlihat harga merangkak naik, hal ini jelas mempengaruhi pola keinginan mereka yang tentunya terlebih dahulu mengutamakan kebutuhan primer yang melonjak. Sehingga untuk mendorong tingkat konsumsi ini pabrikan harus cerdas mencari waktu di sepanjang tahun 2014 yang cocok sebagai misi mereka untuk menguasai pasar roda dua Indonesia.

Salam blog ecek-ecek… 😀 :mrgreen:

Iklan

4 comments on “Tahun politik 2014, gimana pertarungan roda dua.

  1. pemilu 2014 coblos semua gambar ja lah,, biar adil 😀 haha… Klo motor,, paling sama ja ma 2013, tapi klo pabrik baru dah beroprasi, mungkin bisa berubah. produksinya kan nambah gan!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s