Kerjasama Eropa India untuk membendung raksasa Jepang

Sejarah pabrikan roda dua Jepang boleh dikatakan selalu sukses dimanapun mereka berada. Bahkan ditempat asal suatu produk pabrikan Jepang begitu mudah mendominasi pasar. Nah kekuasaan pabrikan Jepang yang boleh dikatakan absolute membuat pabrikan asal negara lain tidak mampu membendungnya.

2180635-japan-text-with-map-on-japan-flag-illustration

Semua lini dikuasai mulai dari mesin motor dengan kubikasi 100ccan sampai dengan 1000cc-an. Tentunya bukan hal yang mudah untuk melawannya. Selain lini yang lengkap, produk besutan negara matahari terbit ini secara harga, kenyamanan, kemudahan dalam maintenance sudah diakui diberbagai belahan dunia, hal ini sulit untuk mengalahkannya.

Belahan bumi Eropa dan Amerika memang memiliki brand motor ternama, tetapi ada daya mereka hanya bermain dikubikasi diatas 500cc, soo tidak akan memiliki daya saing untuk bermain di segmen di bawah kubikasi tersebut. Akibatnya produk mereka terkena imbas negatif sebagai brand mahal yang sulit dijangkau dan sulit dipelihara.

Sementara di Asia sendiri hanya dua negara yang boleh dikatakan percaya diri akan produk sendiri di segmen roda dua yaitu China dan India. Namun kelamnya cerita produk motor china di Indonesia membuat dampak besar di masa saat ini, sehingga tinggal India lah yang layak diperhitungkan.

Soo dengan memanfaatkan keunggulan masing-masing antara Eropa dan India memang wajib berkolaborasi untuk menantang kekuatan Jepang. Kesempurnaan khas Eropa dan murah versi India jika dikawinkan dengan sempurna akan menjadi momok bagi pabrikan Jepang, tidak bisa menumbangkan tetapi sangatlah mengganggu konsentrasi dan tenaga.

Bajaj dan KTM sudah memulainya, walau tidak sesuai ekspektasi banyak pihak, apa yang dimulai oleh keduanya merupakan tonggak sejarah kerjasama India Eropa.

Selanjutnya TVS dan BMW, isu terakhir mereka akan mengembangkan kubikasi dibawah 500cc, potensi terbesar di kelas 250cc.
Semoga yang dilakukan kedua pabrikan ini akan memberikan khasanah baru dalam produk roda dua, sehingga membuat konsumen semakin banyak pilihan produk yang berkualitas.

One comment on “Kerjasama Eropa India untuk membendung raksasa Jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s