Segmen Sport 250cc, mau pilih mana Indonesia atau dunia

Sport 250cc di Indonesia boleh jadi mulai menjadi pilihan sebelum naik ke jenjang yang lebih tinggi, atau stagnan di sana karena untuk naik ke segmen yang lebih tinggi secara finansial belum laghh bisa.

20120801-bodiNINJA-1

Karenanya segmen ini boleh atau sering dianggap sebagian kalangan umum di Indonesia sebagai moge walau faktanya di luar sana masih dalam katagori learned bike.

Akibatnya karena dianggap moge, produk yang memang secara desain maupun mesin mirip-mirip moge jugalah yang akan diuntungkan. Soo jika memang pabrikan mau bermain di sini tentunya punya dua pilihan :

1. Mengikuti mindset konsumen yang berkembang, yaitu mesin minimal dua silinder dengan raungan suara stereo khas moge dan desain yang mumpuni khas moge.

2. Mengubah mindset yang ada untuk sama dengan mindset global bahwa kelas 250cc adalah learned bike, soo mesin single silinder desain yang kompak dan efisien merupakan pilihan, namun kudu melakukan edukasi yang tidak mudah pada konsumen Indonesia.

Pilihan ini ada plus minusnya kalau mau bermain di pasar Indonesia, tapi jika pilihan di pasar Global tentunya efisiensi dan isu lingkungan merupakan pilihan utama.

Pilihan Global, tentu memerlukan edukasi jika ingin masuk pasar Indonesia. Edukasi yang efektif adalah dengan menayangkan bahwa produk tersebut adalah produk dengan skala dunia dan dipakai dibanyak belahan dunia serta menjadi pilihan utama di berbagai belahan dunia.

Selain itu juga kelas 250cc ini juga dapat diedukasi dengan teknologi balap dunia (MotoGP) yang menggunakan mesin satu silinder sebagai kuda pacu diajang balapan moto3.
Berpijak dari sini laghhh pabrikan secara perlahan akan mampu mengubah mindset bahwa mesin 250cc satu silinder bukan hanya efisien tetapi juga sangat kompetitif untuk bersaing di ajang balapan.

Soo tinggal pilih mana, mau berkutat dan mengikuti pasar Indonesia, atau membuat terobosan yang tidak populer di Indonesia demi meraih pasar global ??? :mrgreen: :mrgreen:

One comment on “Segmen Sport 250cc, mau pilih mana Indonesia atau dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s