Jika ingin kompetitif Fino Injeksi kudu 125cc

Sudah dimaklumi bersama kalau skutik retro besutan Yamaha di Indonesia, Mio Fino mengalami kendala dalam bersaing dengan kompetitor sekaligus pioner Skutik Retro Jepang di tanah air, Honda Scoopy.

scoopy

Mio Fino tidak mampu bersaing head to head dengan Scoopy, banyak hal yang menyebabkannya salah satunya memang karena terlambat masuk ke pasar Indonesia, selanjutnya ketika memutuskan untuk masuk kepasar Indonesia, tidak ada diferensiasi yang signifikan, perbedaan secara garis besar yang berbeda dan tampak oleh kasat mata adalah desain lampu saja.

So wajar saja ketika sudah masuk kepasar hanya berjaya diawal dan selanjutnya tindak memiliki greget yang cukup untuk menggentarkan sang penguasa pasar. Apalagi saat kondisi saat ini yang faktanya bahwa kompetitor sudah dilengkapi dengan sistem injeksi tentunya membuat daya saing semakin menurun.

Tentu Yamaha kudu cari cara mempertahankan raihan mereka di segmen ini sehingga perlu terobosan diluar biasanya untuk bisa eksis dan bertahan. Cara menyematkan teknologi injeksi bukanlah hal yang luar biasa, sehingga selain menggunakan teknologi injeksi perlu hal yang berbeda dengan kompetitor untuk menaikan daya jual produk tersebut. Menaikkan kubikasi merupakan salah satu yang dapat diapresiasi oleh konsumen, tetapi yang harus juga diperhatikan adalah positioning harga yang disematkan.
Dilevel inilah kapitalisme Yamaha diuji, jika Yamaha berani membanderol mesin 125cc secara harga dekat dengan harga mesin 110 cc yang dimiliki kompetitor akan memberikan efek yang cepat bagi awarness konsumen terhadap produk yang mereka luncurkan. Pertanyaannya beranikan Yamaha …???

Yamaha kudu lakukan ini jika masih mau bermain dan bersaing disegmen retro karena jika Yamaha tidak lakukan maka waktu akan membuktikan ini menjadi bagian dari strategi Honda.

3 comments on “Jika ingin kompetitif Fino Injeksi kudu 125cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s