Segmen sport, 150cc buat jualan 250cc buat imej

Berbicara motor laki a.k.a batangan a.k.a motor sport maka saat ini tentu nggak akan bisa lepas dari Yamaha Vixion. Giant Killer yang sampai hari ini masih menjadi raja segmen ini.

motor-motogp

Sayangnya Yamaha hanya asyik berjualan tanpa memikirkan penguatan imej motor sport mereka, dan pada akhirnya segmen 250cc dibentuk oleh Kawasaki, pembentukan ini mengukuhkan imej Kawasaki sebagai jawara motor sport segmen 250cc keatas di Indonesia.

Ketika Kawasaki membentuk segmen tersebut, Yamaha mendiamkan saja dan asyik berkutat disegmen 150cc. Alih alih membuat produk dengan kubikasi 250cc malah Yamaha main tanggung dengan Scorpio 225cc akibatnya ya lihat saja sendiri saat ini.

Usaha Yamaha untuk comeback disegmen telah menyeruak dengan munculnya rumor produk dengan nama R250, yang digadang gadangkan dapat bersaing dengan produk Kawasaki yang menganut silinder ganda.

Namun yang perlu diperhatikan Yamaha adalah, ketika saat ini mereka mencoba untuk berkompetisi dengan Kawasaki di segmen 250cc kompetitor yang lain yaitu Honda mulai menggerogoti secara perlahan segmen 150cc. So nggak ada kata lain bagi Yamaha untuk fight di dua segmen ini dengan mengutamakan kelas 150cc karena secara finansial memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Namun konsentrasi yang dilakukan oleh Yamaha harus bersifat menyeluruh dan terintegrasi, jangan sampai strategi yang digelontorkan terpilah-pilah dan akhirnya hancur berantakan. Kelas 250cc harus Yamaha masuki dengan produk yang memang mumpuni sehingga imej dapat segera diraih.

Nah segmen 150cc kudu dikuatkan dengan memberikan produk yang variatif baik secara teknologi maupun kompetitif secara harga, kata kuncinya bagaimana menempel setiap pergerakan lawan yang jelas-jelas mengancam. Pembiaran terhadap ancaman yang muncul akan membuat lubang masuknya ke mindset konsumen yang selama ini menganggap produk Yamaha jago dalam segmen motor laki akan tergerogoti.

Hancurnya penguasaan segmen matik merupakan pembelajaran yang penting bagi Yamaha. Jika sampai hal itu terjadi lagi, maka dampak jangka panjang bagi Yamaha akan terasa jika pabrikan lain seperti Suzuki bangkit untuk bertarung. Bagaimana sesungguhnya, sama-sama kita saksikan di ranah pasar R2 Indonesia.

Iklan

5 comments on “Segmen sport, 150cc buat jualan 250cc buat imej

  1. Ping-balik: Sport 125cc kelaut aja…!!! | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s