Stop bermain dengan kubikasi …!!!

Mindset konsumen memang perlu dimenangkan agar produk bisa dengan mudah untuk diterima oleh konsumen, namun kudu disadari juga mindset konsumen terus berevolusi dengan caranya sendiri sehingga semakin hari semakin cerdas dalam menilai produk yang dikeluarkan pabrikan.

skuter_enjin_125cc

Kalau era booming sepeda motor 4 tak, TB sangat ingat kubikasi merupakan bagian dari pertimbangan konsumen dalam memilih produk karena anggapan semakin besar kubikasi, semakin cepat produk masih merajai pemikiran kala itu.

Seiring dengan perjalanan waktu konsumen pun jadi sadar bahwa kubikasi besar bukan lah segalanya, karena jika berbicara kecepatan dengan kubikasi yang lebih kecil ternyata hal tersebut juga dapat dicapai. Justru dengan kubikasi besar tidak sebanding dengan konsumsi bahan bakar yang ada sehingga produk terkesan boros.

Poin tersebut sudah sangat disadari oleh Konsumen, sehingga melakukan diferensiasi dengan menambah atau menaikkan kubikasi sudah merupakan sesuatu yang basi di mata konsumen. Justru yang harus dilakukan oleh ATPM adalah memberikan produk yang memberikan efisiensi terbaik plus performa optimal dengan kubikasi mesin lebih kecil sehingga menyebabkan produk lebih ringan dan ramping.

Nilai lebih kubikasi harusnya ditransformasikan pabrikan ke sejumlah fitur yang ada pada produk, mulai dari sistem injeksi, piston tempa, maupun fitur-fitur yang dapat dirasakan oleh konsumen. Memang pemberian fitur selain kubikasi perlu riset dan kreatifitas, namun disitulah diferensiasi sesungguhnya dari produk yang ada.

Hasil riset pabrikan dapat menjadi positif point apalagi jika dapat dipatentkan hal ini membuat fitur tersebut menjadi ciri khusus pabrikan sehingga sulit untuk ditiru oleh pabrikan lain.

Zaman sudah berubah, produk dengan minim fitur secara sadar akan ditinggalkan oleh konsumennya.

3 comments on “Stop bermain dengan kubikasi …!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s