Yamaha pada posisi kritis..!!!

Membicarakan penjualan roda dua di Indonesia tidak pernah lepas dari dua nama yaitu Honda dan Yamaha yang begitu dominan pada pasar roda dua Indonesia. Pertarungan antar dua pabrikan seolah tak ada habisnya, saling luncurkan produk baru merupakan strategi agar tetap eksis di pasar Indonesia.

Honda mendominasi pertarungan antara mereka, dengan memenangi segmen matik dan cub/bebek Honda jadi penguasa pasar roda dua Indonesia.

honda vs yamaha semester I 2013

Angka distribusi diatas menggambarkan betapa dominannya Honda, dan betapa bahayanya posisi Yamaha. Yamaha hanya unggul di segmen sport itupun dengan angka yang boleh dikatakan tidak signifikan yaitu 80rban unit.

Sebagai benteng terakhir harusnya Yamaha berusaha dengan segala dan upaya mengamankan posisi penguasaan disegmen sport. Namun tentunya berharap pada satu produk saja tidak lah cukup bagi Yamaha karena sadar atau tidak Honda selalu melakukan gerakan menusuk dari bawah dan atas dalam rangka menguasai suatu segmen pasar motor yang dikuasai kompetitor.

Disegmen sport pun walaupun menguasai menurut TB posisi Yamaha sudah gawat darurat, bertahan dan bertarung dengan satu kesatria (NVL) adalah harga yang sangat mahal bagi Yamaha nantinya. Lihat bagaimana Honda melakukan jepitan dari bawah dengan Verza dan dari tengah dengan CB150R serta dari atas dengan CBR150R, belum lagi jika memang AHM mengeluarkan jurus tiru dan sempurnakan pada segmen yang diisi oleh NVL saat ini.

Kekuasaan yang diperoleh NVL tidak lain karena tidak adanya lawan secara desain yang sepadan dengan dirinya, jika saja AHM melakukan kuncian dengan CB150R yang kemudian dipermak untuk lebih garang tampilan bukan tidak mungkin konsumen berpindah ke produk tersebut.

Nah Yamaha kudu cepat melakukan recovery dari kondisi ini, membiarkan kompetitor dengan tidak melakukan balasan atas apa yang dilakukan oleh kompetitor akan membuat posisi Yamaha berbahaya dan semakin memudahkan Honda untuk meraih kemenangan disegmen road bike / sport di tanah air.

Bagaimana kelanjutan kisahnya, sama-sama kita amati langkah yang akan dilakukan oleh Yamaha dan usaha Honda untuk menguasai sport tanah air.

SELAMAT BERBUKA PUASA… 😀 😀

One comment on “Yamaha pada posisi kritis..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s