Saran buat pabrikan India, jangan samakan Indonesia dengan India

Pabrikan India semisal TVS maupun Bajaj sangat kuat dan berjaya di negara asalnya, bahkan pabrikan Jepang sekalipun sulit untuk menaklukan kejayaan mereka di tanah Hindustan.

beautiful-kajol-in-kabhi-khushi-kabhi-gham-3-kajol-devgan-21790857-1152-864

Tapi mereka begitu nelongso di Indonesia, hidup segan mati belum takdirnya :mrgreen: :mrgreen: . Adalah serangan harga yang mereka lakukan dengan menambahkan fitur-fitur yang seolah dibutuhkan oleh konsumen semisal charger HP sering ditambahkan namun ternyata hal tersebut tidaklah berpengaruh banyak terhadap penjualan mereka. Justru penambahan fitur tersebut sangat lah mudah dilawan oleh pabrikan Jepang yang notabene raksasa-raksasa elektronik berasal dari sono..

Pertama yang harus dilakukan oleh Pabrikan India (PI) adalah mengerti pengharapan orang Indonesia terhadap roda dua dan bagaimana cara pabrikan Jepang memenuhinya.

Jangan pernah berfikir jika selera orang Indonesia akan sama dengan saudara mereka di India sana, karena di Indonesia tidak memiliki kiblat motor kecuali Jepang apalagi dalam hal produk masal.

Nah dengan melihat itu maka pabrikan India kudu bisa menyesuaikan selera konsumen Indonesia dengan produk yang mereka buat, dengan kehandalan dan kecanggihan yang sama dengan pabrikan Jepang. Kekalahan kekuatan imej membuat pabrikan India kudu kerja keras membangun imejnya. Namun kudu disadari imej tidak dapat dibangun dalam waktu singkat perlu konsistensi dan sosialiasi terus menerus akan kelebihan produk yang mereka miliki.

Dalam pada itu kerjasama dengan pabrikan negeri terkemuka misal saja dari benua Eropa akan lebih menguntungkan pabrikan India. Karena brand khas Eropa akan begitu nendang dalam mindset konsumen.
Hal ini tentu membantu pabrikan India untuk membangun mindset di konsumen Indonesia.

Terakhir adalah jangan melawan mindstream yang ada, jika lagi jamannya satu busi maka sebaiknya mengikuti jangan justru memberikan diferensiasi padahal yang tidak perlu.
Jaman sedang injeksi yoo kudu punya produk Injeksi to, kalau nggak mau dibilang jadul sama konsumen.

Semoga dengan kerja keras dan konsisten pabrikan India dapat bersaing dengan sehat di pasar roda dua Indonesia.

2 comments on “Saran buat pabrikan India, jangan samakan Indonesia dengan India

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s