Pabrikan India mau mengisi celah karbu yang ditinggalkan Jepang ???

Well suka nggak suka dugaan TB pun mengalir seperti itu, melihat apa yang dilakukan oleh pabrikan asal India baik Bajaj maupun TVS.

tvs-dazz-4

lihat saja TVS meluncurkan matik murah dengan nama Dazz masih menggunakan karbu, begitu juga Kawasaki Bajaj P200NS juga masih menggunakan karbu.

Hal ini menjadi menarik karena pabrikan India melakukan ini di saat pabrikan Jepang bergegas meninggalkan era karburator menuju era injeksi. Tentunya hal ini bisa memberi keuntungan jangka pendek bagi pabrikan India pada kondisi tertentu.

Namun kudu disadari oleh pabrikan India bahwa apa yang mereka lakukan ini adalah hanya sementara saja, kalau mereka tidak move on meninggalkan era karbu maka mereka akan mengalami keterpurukan lebih parah dimasa yang akan datang.

Dapat diduga bahwa pengguna karbu masih memiliki konsumen yang lumayan banyak. Walau pun edukasi injeksi sudah berjalan namun pada batasan wilayah tertentu masih ada halangan berupa penolakan sebagian konsumen yang pada akhirnya motor yang menggunakan karbu lebih dilirik.

Tetapi pabrikan India kudu menyeadari ini karena waktu terus berjalan dan TB sangat meyakini transisi dari karbu ke injeksi akan dengan cepat terjadi, sehingga jika pabrikan India tidak siap maka mereka akan terpinggirkan. Nasibnya hanya akan bisa bersaing dengan produk dari China.

Mari kita sama-sama saksikan 😀 😀 😀

Salam terus ngumpil…!!!

3 comments on “Pabrikan India mau mengisi celah karbu yang ditinggalkan Jepang ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s