Wuihh nih CB150R nyamain power P200NS on Dyno

Heboh-hebohan power on Dyno P200NS sempat membuat heboh jagad blogsphere Indonesia. Walau pun menurut TB nggak perlu diperdebatkan, kalau cucok yah beli kalau ndak cucookk yahh jangan dibeli :mrgreen: :mrgreen:
Balik CB150R besutan Honda ternyata memang seperti udah Tb duga selama ini potensinya memang masih terpendam dan tidak terekspos dengan baik, nggak tahu sengaja atau tidak yang dilakukan oleh pabrikan pembuatnya.

06-24-upgrade-CB150R-1

Ubahan sang empu seperti yang diberitakan di motor.otomotifnet.com tergolong sederhana namun menimbulkan dampak lumayan ekstreem terhadap performa sang CB.
Kenapa dibilang ekstreem ??? Yuupp perubahan dapat menaikkan power hingga 3,33 hp dan torsi 1,76 Nm.

Tahapan perubahan meliputi pertama, custom gigi sentrik. Kedua, penggantian sistem pengapian. Terakhir, penyempurnaan di bagian pembuangan.

Gigi sentrik untuk memutarkan noken as yang jumlahnya ada dua, di bagian lubang dudukan bautnya masing-masing dicoak sekitar 0,5 milimeter. Ini dimaksudkan untuk memundurkan buka-tutup klep in sekitar 2 derajat. Hal tersebut menyebabkan buka-tutup klep in jadi lebih cepat sekitar 2 derajat dari standar. Sehingga, power lebih cepat didapat.
Dengan kem standar, derajat buka-tutup-klep jadi berbeda. Klep in terbuka 7 derajat sebelum Titik Mati Atas (TMA) dan tertutup 33 derajat setelah Titik Mati Bawah. Sedangkan Klep ex terbuka 35 derajat sebelum TMB dan menutup 5 derajat setelah TMA

Di bagian pengapian, cukup dengan mengganti koil standar dengan produk aftermarket.

06-24-upgrade-CB150R-2

Sedangkan untuk menangani gas buang dengan mengganti knalpot standar pakai merek knalpot racing aplikasi dB killer.

Dan setelah diukur dengan mesin dyno didapatkan hasil bahwa CB150R yang power awal 14,42 hp/10.745 rpm dan torsi 11,53 Nm/7.685 rpm sekarang jadi 17,77 hp/ 10.048 rpm dan torsi 13,29 Nm/ 8.358 rpm.. Keren gan :mrgreen:

Power (dk)
Rpm Standar Upgrade
5.000 2,23 4,47
5.500 7,85 7,56
6.000 8,89 8,76
6.500 9,71 9,95
7.000 11,17 11,91
7.500 12,25 13,71
8.000 13,01 15,12
8.500 13,63 16,00
9.000 13,95 16,66
9.500 14,07 17,16
10.000 14,13 17,77
10.500 14,31 17,71
11.000 14,23 17,39

Torsi (Nm)
Rpm Standar Upgrade
5.000 3,11 6,10
5.500 10,06 9,75
6.000 10,49 10,27
6.500 10,63 10,82
7.000 11,23 11,99
7.500 11,50 12,98
8.000 11,46 13,26
8.500 11,32 13,11
9.000 10,99 13,67
9.500 10,47 12,85
10.000 10,00 12,56
10.500 9,68 11,94
11.000 9,19 11,22

9 comments on “Wuihh nih CB150R nyamain power P200NS on Dyno

  1. Ecu-nya sekalian di piggyBack dunk bro, ngikutin power kakaknya, biar dapet 19dk sekalian, hehehe , masih bisa lebih ituhhh tapi jadi boros ntar konsumsi BBmnya…top dech

    Suka

  2. halah udah dioprek toh, kalo mau oprek sekalian aja ama bebek indoprik, diatas 20 HP.

    gak dikorek aja itu cb udah klotok-klotok, korekan lagi bakal tahan berapa jam tuh, wakakakak

    Suka

    • Haddeh mw ngebut d jln raya susah, keep safety riding n enjoy aja, yg punya vixion & NVL jd panas nih hahahaaa.., yg punya Ninja 250 cukup senyum aja (cz lain kelas) btw cb150r ga usah d korek jg udah bs asepin old vixion & NVL , hahahahaa..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s