India + Eropa v.s Jepang

Pertarungan pasar roda dua masal di Dunia seutuhnya hanya melibatkan sedikit pemain saja, yaitu negara-negara Eropa seperti Italia, Jerman dan negara-negara Asia seperti Jepang dan India.
Amerika bukan nggak dianggap karena memang secara volume kalah jauh dengan negara-negara tersebut dan spesifik produk Amerika berbeda dengan selera dan kemampuan finansial kebanyakan orang.

Motorrad-big-02

Sadar diri sulit melawan kelincahan pabrikan dari negara samurai, pabrikan Asal Eropa menggandeng pabrikan roda dua dari anak benua India. Bukan tanpa alasan melakukan hal ini ketimbang memilih China yang terkenal dengan produk murahnya.

Karena memang India punya sejarah yang relatif lebih baik dalam industri roda dua, serta penerimaan produk didalam negeri yang sangat baik untuk produk India itu sendiri. Sementara itu untuk menuju pasar yang lebih besar di luar India, ternyata tidak lah semudah di India. Modal harga murah bukan suatu jaminan untuk dapat eksis di pasar roda dua apalagi di Indonesia.

Tetapi kerjasama dua pabrikan Eropa dan India menurut TB belum lah menampakkan hasil yang signifikan, apalagi di Indonesia. Karena produk yang digadangkan semisal KTM Duke terlalu mahal untuk kebanyakan masyarakat Indonesia dengan balutan harga yang dimilikinya.

Disisi lain Pulsar 200NS yang akan dijadikan tsunami segmen sport malah diluncurkan dibawah bendera Kawasaki, karena memang sebelumnya memang Bajaj sendiri selaku pemilik produk terlihat kesulitan dalam menangani after sales di Indonesi.

Yang terakhir adalah kerjasama yang dibangun oleh TVS dan BMW Motorrad, memang belum terlihat produk yang akan diluncurkan walau clue sudah ada pada segmen 250cc ke bawah.

Semoga saja kerjasama Eropa India ini akan menghasilkan produk yang benar-benar dapat masuk ke mindset konsumen Indonesia 😀 😀

2 comments on “India + Eropa v.s Jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s