Last minute, strategi pemasaran produk low end teknologi terkini..!!!

Betul kah Beat Injeksi digdaya karena desain ??? Bisa jadi.. Tapi sesungguh hal tersebut tidak terbatas hanya pada sisi desain saja tetapi ada konsep yang tesembunyi dari peluncuran Beat Injeksi menurut pengamatan TB.

BeAT-FI 01

Harus disadari bahwa teknologi injeksi tidak serta merta dapat diterima oleh konsumen Indonesia pada segmen low end sehingga perlu strategi tersendiri agar produk dapat diterima dengan mudah di segmen tersebut. Apa yang dilakukan oleh AHM meluncurkan Beat FI di akhir tahun 2012 mengandung beberapa strategi penting yang dapat diambil pelajaran penting.

Pertama AHM lebih dahulu mempersenjatai segmen matik High end dan midle end dengan teknologi injeksi, apalagi keberhasilan yang diperoleh Vario 125 FI yang berhasil meruntuhkan Yamaha Xeon. Hal ini membuat pasar mulai dapat menerima skutik Honda disegmen mid end. Kemampuan Vario 125 pada segmen ini merupakan dorongan besar bagi pembentukan mindset konsumen di Indonesia.

Terbentuknya mindset skutik Honda menggunakan teknologi yang canggih pada segmen mid end, membuat sentimen positif pada segmen di bawahnya. Tidak adanya isu injeksi bermasalah pada segmen ini juga membuat skutik semakin gampang diterima, isu ngorok sangat tidak mempengaruhi performa penjualan produk tersebut. Akibatnya segmen dibawah ketika diluncurkan tidak ada lagi penolakan pada sisi bahan bakar injeksi, dan kemudian transisi desain yang tidak ekstrim membuat Beat FI semakin mudah diterima oleh konsumen Indonesia.

Soo strategi ini juga terlihat pada segmen Cub alias bebek. Bebek Injeksi low end Honda sudah pada isu persiapan, yang arti nya butuh waktu relatif lama meluncur ke pasar. Artinya lagi AHM akan membiarkan kompetitor-kompetitor terlebih dahulu meluncurkan produk injeksi segmen low end dengan tujuan mengambil manfaat positif dari peluncuran produk kompetitor. Apa itu ??? Ya betul..!!! Peluncuran produk bebek low end kompetitor akan mempermudah AHM dalam meluncurkan produknya, konsumen akan melakukan dengan mudah penerimaan produk AHM karena memang sebelumnya pasar telah diisi oleh produk kompetitor, sehingga usaha sosialisasi dan edukasi akan minim sehingga biaya ini dapat dihemat. Dan memanfaatkan nama besar dan jaringan 3S Honda dapat dipastikan bebek low end Honda akan mudah untuk memukul setiap kompetitor yang coba mengganggu kedigdayaannya. :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

2 comments on “Last minute, strategi pemasaran produk low end teknologi terkini..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s