CBR250R singel silinder dan dobel silinder akan berjalan beriringan ???

Asyik melihat tingkah polah pabrikan dalam bersaing memperebutkan pasar roda dua di Indonesia. Persaingan yang sengit memberikan ekstra kerja bagi masing-masing pabrikan agar produk mereka menjadi pilihan konsumen Indonesia.
Pada kelas 250cc Kawasaki, Honda dan Suzuki adalah pabrikan yang memiliki poduk yang mengisi segmen ini.

Suzuki-Inazuma-250-India

Sebenarnya masing-masing brand baik Suzuki, Honda, Maupun Kawasaki melakukan diferensiasi yang berbeda, coba ditelaah, Kawasaki mengusung DOHC Dua Silinder, Honda DOHC Satu silinder, Suzuki SOHC Dua silinder, beda kannn !!! Masing-masing raja dikelasnya. Namun yang tentu raja di segmen 250cc adalah Kawasaki Ninja 250. Berpijak dari hal ini dan isu persiapan CBR250R dua silinder, maka TB mencoba mengira-ngira arah Honda dalam menyusupi kelas ini. Pertama adalah CBR250R silinder tunggal adalah langkah awal Honda untuk melakukan diferensiasi segmen 250cc, walaupun secara silinder lebih sedikit dari penghuni lama kelas ini Ninja 250, namun secara performa telah dibuktikan di ajang Kejurnas 250cc.
Maksudnya tak lain adalah pembuktian ke konsumen bahwa performa produk di ajang balapan bukan diukur dari suara maupun jumlah silinder yang ada. Dan penjualan produk disegmen ini walau tidak mendominasi kelas ini namun memberikan makna tersendiri bahwa betul mesin satu silinder punya pasar tersendiri.

Langkah masuk dengan mengusung mesin satu silinder 250cc bukan tanpa maksud, jika langsung merangsek ke 250cc dua silinder tentu kesan first mover jadi hilang, belum lagi ketika uji performa di jalanan yang bisa menjadi batu sandungan jika mesin dua silinder 250cc Honda kalah dengan penguasa pasar yang ada saat itu Ninja 250 maka semakin inferiorlah adanya.
Namun dengan masuk menggunakan engine satu silinder kekalahan performa dijalanan masih dapat dimaafkan oleh konsumen, apalagi kemenangan di kejurnas 250cc sudah cukup membuktikan potensi engine 250cc satu silinder tersebut.

Karakteristik serangan Honda jika masuk kepasar yang terlalu kuat penguasaannya, maka mereka akan datang dengan sesuatu yang berbeda terlepas produk tersebut disukai ataupun malah menjadi bumerang bagi mereka dalam waktu singkat, lihat bagaimana Honda Beat yang bertarung dari Zero menjadi Hero dari awal kemunculan yang penuh cacian sampai ke kemenangan yang membuat Honda digdaya disegmen matik.

Lain sport lain matik, selera konsumen Asia yang relatif lebih stylish dibandingkan dengan pasar Eropa yang cenderung ke fungsionalitas, mau tidak mau Honda harus juga mengeluarkan sport 250cc dengan silinder ganda dengan memberikan performa lebih dibandingkan dengan produk kompetitor. Yups karena memang tuntutan pasar yang ada. Dengan diluncurkannya sport 250cc dua silinder maka lengkap produk untuk segmen sport fairing 250cc dari AHM, yang tentunya tidak boleh menghilangkan yang satu silinder karena memang segmen ini merupakan masa depan, tidak ada laginya perbedaan yang signifikan untuk kubikasi 250cc apakah dia satu atau dua silinder, yang justru terjadi adalah dengan satu silinder kemudahan maintenance, efisiensi dan cocok untuk pemotor pemula yang hendak naik kelas yang lebih tinggi lagi.

3 comments on “CBR250R singel silinder dan dobel silinder akan berjalan beriringan ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s