RDB wajib pakem kahhh ???

Rear Disk Brake alias rem belakang yang menggunakan cakram sering menjadikan suatu produk entah itu motor bebek, maupun motor sport menjadi terlihat lebih gagah..!!! Pabrikan yang menyematkan RDB dianggap mengerti dengan kebutuhan konsumen, sehingga sering kali RDB menjadi point yang menjadi perhatian konsumen saat melakukan pembelian produk sepeda motor.
1183014760192
Kemudian yang menjadi perdebatan atau sering menjadi permasalahan adalah ketika RDB menurut pemilik motor geal geol alias tidak sepakem yang mereka rasakan saat melakukan pengereman dengan disk depan. Kondisi ini memunculkan kembali definisi negatif akan ketidak beresan yang disemat oleh ATPM ke produk mereka, sampai sering terdengar kalau remel tromol ternyata lebih pakem dari rem cakram yang ada, soo 😀 😀 😀 mau cakram ketika dikasih cakram protes kurang pakem dibandingkan teromol.
Perdebatan ini tentu tidak akan ada habisnya, kepakeman yang diset oleh pabrikan tentunya bukan tanpa dasar dan uji coba tetapi memang memiliki alasan-alasan tertentu yang berguna untuk menjaga keselamatan pengendara.
Pengalaman TB, pengunaan rem belakang boleh dikatakan relatif lebih jarang dibandingkan penggunaan rem depan, perbandingan penggunakan keduanya TB nggak punya angkanya tetapi feel pribadi TB lebih sering menggunakan rem depan, baik di motor dengan kubikasi 150cc, 250cc, 100cc bebek maupun sport.
Artinya dalam kondisi standar yahh sudah lebih dari cukup lah, tetapi jika memang sering ekstrim dalam melakukan pengereman maka modifikasi jadi kata wajib, sudah tentu dengan piranti pengereman yang lebih baik 😀 😀
Selain itu juga keahlian dalam melakukan pengereman juga perlu dilatih akan jangan sampai saat pengereman terlalu lambat dengan kemampuan rem sehingga terjadi pemaksaan beban pengereman, hal ini lah mungkin yang sering menjadi alasan mengatakan jika piranti pengereman standar geal geol walaupun sudah menggunakan piringan cakram.
Penting mengetahui batas kemampuan pengereman setiap kuda besi yang kita tunggangi merupakan hal yang mutlak untuk menjaga keselamatan diri masing-masing..!!! :mrgreen: :mrgreen:

Iklan

2 comments on “RDB wajib pakem kahhh ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s