Gaya Honda, Update sebelum muncul Varian baru

Entah apa maksudnya namun langkah yang dilakukan Honda boleh dikatakan sering kali dengan mudah dibaca oleh mayoritas blogger R2 tanah air. Begitu dengan kemunculan striping baru Vario 110 atau lebih sering dikenal dengan Vario CW.
new_cw_series
Sinyalemen akan munculnya produk baru, mungkin saja Vario CW Fi menguat karena memang sudah menjadi kebiasaan Honda/AHM melakukan update stripping sebelum kemunculan varian baru, ditambah Vario CW saat ini masih menggunakan sistem pengkabutan bahan bakar dengan karburator, tentunya menambah keyakinan akan munculnya Vario CW PGM-FI.
Nah gaya ini merupakan hal yang lazim dilakukan oleh Honda namun selama ini boleh dikatakan tanpa kounter dari kompetitor. Tentunya akan membuat semakin mulusnya penguasaan pasar oleh produk-produk Honda.
Lihat saja Scoopy FI yang melenggang sendiri, Vario 125 melenggang sendiri perlu waktu satu tahunan untuk melakukan counter.
Nah sepertinya sekarang ritme pasar matik dikendalikan oleh pabrikan sayap kepak ini. Mereka leluasa sekali mendikte pasar, membuat kompetitor tak berdaya tanpa perlawanan yang berarti.
Sejatinya pada awal Vario CW karbu dihandang oleh Mio Soul Karbu, namun saat ini pengganti Soul Karbu justru bukan meladeni Vario CW tetapi justru lebih meladeni Beat FI CBS.
Vario CW FI juga akan melenggang sendiri nantinya tanpa lawan yang berarti pada jajaran produk Yamaha, akibat boleh dikatakan Vario CW FI memiliki ceruk pasar sendiri yang stabil tanpa gangguan kompetitor.
Balik ke strategi Honda ini, TB menyakini bahwa kompetitor sadar betul dengan paham ini, namun sayangnya terjadi pembiaran dengan alasan memiliki strategi pasar sendiri, disinilah letak kelemahannya, justru melakukan counter produk lawan merupakan bagian dari gambaran besar strategi untuk menguasai pasar. Kejelasan produk yang diterima pasar kemudian dibiarkan untuk eksis di pasar tanpa gangguan tentu akan berdapat buruk pada total penguasaan pasar yang terjadi. Bukan hanya melakukan penyerangan pada segmen terbesar yang diterima pasar namun segmen sekunder yang menjadi penunjang segmen terbesar pun tak dapat dilepaskan begitu saja.
Karena segmen penunjang adalah pelarian konsumen yang tidak masuk kesegmen terbesar alias mau naik kelas, tetapi kelas berikutnya belum tercapai sehingga berada pada kelas antara. Dan ternyata pada kelas antara juga menjanjikan pasar yang baik. Nah segmen antara ini kudu dijaga dan akan selalu dijaga Honda agar saat mereka naik kelas atau kembali ke grass root selalu melakukan pilihan pada lini produk Honda.
Nggak percaya ??? Coba kita lihat nanti bukti dilapangannya yaa :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

One comment on “Gaya Honda, Update sebelum muncul Varian baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s