Jelajah Belitong : Open Pit Bukit Ki’ Kara – Kelapa Kampit

Belitong yang terkenal dengan tambang timahnya,pernah jaya dan meninggalkan sejarah untuk masa sekarang. Salah satunya berlokasi di Kecamatan KelapaKampit Kabupaten Belitung Timur.
IMG_1215.openpit
Sabtu tanggal 16 Februari 2013 Kami (TB dan rekan) melakukan perjalanan ke lokasi eks tambang timah yang cukup terkenal di Kampit (begitu kami menyebut Kelapa Kampit di Belitong). Kami berangkat sekitar pukul 11.20 WIB dengan menggunakan sepeda motor. Perjalanan di tempuh sekitar 40 menitan dari Tanjungpandan menitan ke Kelapa Kampit, sesampai kami istirahat Shalat Dzuhur sambil mencari informasi lokasi dari eks tambang Timah yang dikenal dengan nama open pit, namun ternyata open pit itu adalah cara nambangnya kalau baca di wiki, karena lokasi yang kami ketahui di gunong Ki’ Kara, jadi Kami beri nama open pit gunong/Bukit Ki’Kara. Setelah Dzuhur kami pun bertanya dengan jema’ah Masjid lokasi dari eks tambang tersebut. Alhamdulillah ada jema’ah baik hati yang mau mengantarkan kami ke lokasi tersebut, muantabbb dah, akhirnya dengan mengikuti sang Bapak kami, pun sampai ke jalan masuk lokasi Open Pit, oleh Bapak kami diberi petunjuk singkat lokasi ketika sampai di pinggir jalan menuju lokasi. Jalan yang harus kami tempuh ternyata merupakan batuan cadas sehingga kami memutuskan untuk berjalan kaki saja dan memarkir motor di pinggir jalan menuju open pit tersebut.
IMG_1269.openpit
Perjalanan dengan jalan kaki tidaklah lama dari kami memarkir kendaraan sekitar 15 menit menuju lokasi tersebut, di sepanjang jalan ada beberapa tambang rakyat yang beradu nasib mengais rejeki biji timah.

tambang rakyat

tambang rakyat


Penambang pun seperti kami ada yang memarkir motornya dipinggir jalan karena memang ada lokasi yang tidak bisa dicapai dengan sepeda motor
Motor Penambang

Motor Penambang


Penambang pulang

Penambang pulang


Sayang sekali open pit tidak terawat sehingga relatif berbahaya apalagi musim hujan, terjadi longsoran, dan gua-gua yang pernah ada terlihat sudah tertutup longsor karena derasnya guyuran air hujan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s