Jelajah Belitong : Pantai Batu Bedil Desa Sungaipadang

Pantai Batu Bedil terletak di desa Sungai Padang Kabupaten Belitung, Lokasi pantai yang masih jarang ditempuh membuat jalan menuju ke pantai belum terjamah oleh aspal. Memang tipikal jalan sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda empat, tetapi di musim hujan saat ini jalan berlumpur sehingga menyulitkan bagi R4 standar, kalau mobil offroad sih gampang Gan. Tapi lebih sip menggunakan sepeda Motor :mrgreen: :mrgreen:
IMG_0517.batubedil.resized
Desa Sungaipadang merupakan wilayah admistratif kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Sungai yang berada hampir diujung desa merupakan hambatan sekaligus keuntungan bagi masyarakat sekitar. Hambatannya adalah karena selama ini kedua ujung sungai yang hanya dihubungkan dengan jembatan kayu menyebabkan transportasi hanya dilakukan dengan menggunakan sepeda motor, tetapi dengan telah selesainya jembatan permanen yang representatif melintasi sungai tersebut tentunya akan membawa perubahan pada masa-masa yang akan datang.

eks jembatan lama, yang telah selesai tugasnya

eks jebatan lama, yang telah selesai tugasnya


IMG_0506.batubedil.resized
Keuntungan sungai tersebut adalah sebagai sarana dan sumber penghasilan penduduk sekitar yang berprofesi sebagai nelayan

Jembatan pengganti yang wokeee
IMG_0511.batubedil.resized
IMG_0513.batubedil.resized
Selepas melintasi jembatan, sekitar 100 meter, kita kudu berbelok ke kiri, naik ke jalan tanah merah, melewati perkampungan, TB sempat bertanya dengan penduduk lokasi pantai Batu Bedil dan mereka menunjukkan dengan ramah dan sopan khas melayu Belitong.
Syukurnya ada petunjuk menuju lokasi pantai yang dibuat oleh Mahasiswa asal UGM yang melakukan KKN di desa tersebut.
IMG_0517.batubedil.resized
IMG_0518.batubedil.resized
Jadi nggak usah khawatir akan tersesat karena ada ada petunjuk disetiap persimpangan, dan semoga tetap dijaga. Jalan relatif baik walaupun berkelok, kubangan air lumayan besar, yang perlu diwaspadai adalah jalan yang terlihat bagus tetapi sesungguhnya licin dan berlumpur, TB pun sempat terjatuh dari motor, tetapi Alhamdulillah perjalanan tetapi dilanjutkan. Mendekati pantai juga kudu hati-hati karena kubangan pasir yang lembut dapat membenamkan kendaraan kita, ikuti saja alur ban terdahulu karena biasanya alur tersebut relatif aman karena sudah padat.
Dan akhirnya sampai kita pada pantai Batu Bedil. Pantai yang menghadap ke pulau Limau Seri yaitu dua pulau yang dihubungkan oleh jembatan pasir tepat berhadapan dengan pantai tersebut.

Pulau Limau Seri dari kejauhan

Pulau Limau Seri dari kejauhan


Karena kondisi Bulan Desember adalah musim angin barat maka pantai terlihat kotor oleh sampah yang dibawa oleh arus air pasang.
Kontur pantai seperti umumnya pantai di Belitong berpasir putih dan berbatu besar, cuma uniknya pantai Batu Bedil memiliki 3 gugusan batu sejajar yang masing masing dipisahkan oleh laut sehingga membentuk formasi meriam alias bedil, mungkin karena hal inilah pantai tersebut oleh masyarakat sekitar dinamai oleh pantai batu Bedil.
batu pertama yang menjorok ke laut

batu pertama yang menjorok ke laut


batu kedua yang menjorok ke laut

batu kedua yang menjorok ke laut


batu ketiga yang menjorok ke laut

batu ketiga yang menjorok ke laut

Batu batu tersebut tersusun dengan rapi seolah telah diatur, memang luar biasa keagungan Allah sang pencipta.
IMG_0528.batubedil.resized
Yang unik juga jika gugusan batu besar pertama dihubungan dengan pasir putih, maka batu besar kedua dengan batu besar ke tiga dihubungan oleh pepohonan Bakau, sehingga atas kreatifitas masyarakat dibuat jempatan sederhana agar batu ke 3 bisa juga di datangi.

jembatan penghubung

jembatan penghubung


Batu ketiga sedikit berbeda, jika batu pertama dan kedua adalah gugusan batu yang tertata indah menjorok ke laut batu ketiga adalah satu batu besar yang diujungnya adalah gugusan batu kecil
akar bakau antara batu ke 2 dan ke 3

akar bakau antara batu ke 2 dan ke 3


jembatan sederhana

jembatan sederhana


batu ke 3

batu ke 3

Silahkan dinikmati foto-foto amatirannya xixixi, semoga masyarakat sekitar tetap menjaga keindahan tempat ini.

Iklan

6 comments on “Jelajah Belitong : Pantai Batu Bedil Desa Sungaipadang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s