Opini : Tiru dan perbaiki Desainnya, Sempurnakan performanya, jual dengan harga yang relatif sama

That so simple..!!! begitulah yang terjadi di ranah bisnis roda dua Indonesia. Lazim bahwa tiru meniru contoh mencontoh untuk memenangkan persaingan bisnis yang ada. Pemenangnya adalah produk yang berhasil memenangkan mindset konsumen dan memberikan value terbesar ke konsumen.
variant-Merah-FINAL
Persaingan yang ketat memang memerlukan energi kreatif yang tinggi serta kejelian dalam melihat selera konsumen. Mempelajari produk konsumen yang telah berhasil merupakan salah satu cara yang memang jitu untuk melakukan penetrasi pasar dengan cepat, paling tidak walaupun menjadi follower, tetapi merupakan pengikut yang inovatif sehingga selanjutnya menjadi pilihan konsumen di masa-masa yang akan datang.
Menirut bukan berarti mentah-mentah sama plek dengan kompetitor seperti yang dilakukan produk-produk mocin jaman dulu, tetapi meniru di sini adalah meniru dengan unsur kreatifitas, memasukkan nilai tambah pada produk yang diikuti agar menjadi produk yang tercipta lebih fresh dan layak dipilih. Desain boleh mirip sekilas namun memiliki perbedaan besar ketika dilakukan perbandingan secara detil.

Performa, merupakan unsur kedua yang memberikan nilai tambah dan perbedaan dengan produk yang diikuti. Penting hal ini dibedakan atau boleh dikatakan harus ada diferensiasi yang signifikan jika memang ingin menjadi pilihan tidak cukup hanya dengan memperbaiki body saja tetapi performa loyo. Tentu hal tersebut akan menjadi bumerang yang membahayakan. Peningkatan performa maupun penyematan teknologi yang lebih diterima di mindset konsumen merupakan jurus yang penting agar apa yang dilakukan memberikan dampak positif yang signifikan pada produk. Ketika sebagian mencemoohkan dengan memberikan asumsi bahwa produk memiliki kemiripan dari segi fisik, dengan meberikan performa yang berbeda cemoohan tersebut akan tenggelam oleh fakta superioritas produk tersebut, akibatnya jelas konsumen akan memilih dengan menggunakan akal sehat bahwa produk yang memiliki kemiripan tersebut layak untuk dimiliki karena memberikan nilai lebih yang tidak akan ada pada produk kompetitor.

Harga yang menentukan. Dua unsur diatas tidak lah bertaji jika produk dibaderol dengan harga yang lebih tinggi jauhh diatas kompetitor, unsur-unsur diatas akan menjadi taji jika strategi harga produk menempel atau tidak berbeda jauh dari produk yang ditirunya, sehingga akan membuat konsumen memiliki alternatif. Adanya alternatif bagi konsumen berujung pada penilaian konsumen mengenai plus minus produk yang dipilih. Penilaian inilah yang diharapkan karena jika dilakukan dengan semangat objektif mencari yang terbaik akan membuat konsumen memilih produk memiliki nilai lebih atau lebih kaya fitur. Ini merupakan konsekuensi logis jika konsumen diajari cerdas dalam memilih produk. Kelebihan produk yang langsung dapat dirasakan memberikan kekuatan atau dorongan bagi konsumen untuk memilih produk tersebut.

3 comments on “Opini : Tiru dan perbaiki Desainnya, Sempurnakan performanya, jual dengan harga yang relatif sama

  1. Ping-balik: Opini : Produk gampang ditiru, layanan yang jadi penentu | Teras Belitong Blog

  2. Ping-balik: Opini : Kalau CB150R dicopot engkol wani piro ?!? | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s