Opini : 2013 Matik Honda bertahan sekaligus menyerang

Tahun 2013 seperti yang TB telah tulis sebelumnya di sini Pasar roda dua matik akan diserang oleh pabrikan Garputala, tentunya sang penguasa pasar Honda dalam hal ini tidak akan tinggal diam.

TB mencoba menerawang pertahanan ala Honda pada segmen matik dalam menghadapi serangan yang dilakukan oleh sang kompetitornya. Ibarat permainan sepak bola gaya berjualan yang akan dilakukan oleh AHM adalah total football yang memiliki konsep “Menyerang adalah pertahanan terbaik” Bukan tanpa sebab jika TB menyatakan bahwa AHM akan melakukan taktik tersebut.
Karena secara lini produk sampai saat tulisan ini diturunkan AHM pada segmen skutik memiliki jajaran produk yang terlengkap dari low end sampai ke highend.
Selain itu juga jika dijabarkan masing-masing produk masih dapat dilakukan pengembangan-pengembangan dengan menurunkan fitur highend ke produk low end, sehingga ranah inovasi yang akan dilakukan oleh Honda masih sangat luas. Penurunan fitur akan sangat bergantung bagaimana dengan sepak terjang kompetitor terdekat mereka, Yamaha. Jika Yamaha melakukan aksi pemberian fitur yang “mencontek” apa yang ada di skutik Honda saat ini maka sudah dapat dipastikan fitur-fitur highend akan diaplikasikan pada matik-matik low end,sehingga pertahanan terbentuk dengan sendirinya saat mereka menyerang produk kompetitor dengan fitur-fitur baru yang mereka terapkan.
Bisa juga Honda mengunci pasar dengan menerapkan fitur high endnya pada segmen low end tetapi dengan konsekwensi tertentu semisal produk akan dibagi dengan varian-varian tertentu, sehingga pricing strategy menjadi lebih mudah untuk diimplementasikan.
Perlu usaha yang luar biasa pada masa saat ini untuk menumbangkan kekuasaan Honda di segmen matik, karena memang dalam tubuh AHM terjadi perubahan yang drastis dalam menyikapi pasar yang ada.
Dinamika yang TB amati dalam tubuh AHM membuat Honda kokoh dalam melakukan engagement terhadap customer, secara internal menurut TB terjadi transformasi dalam tubuh AHM sehingga makin menguatkan mereka dalam kancah pasar roda dua tanah air.
Berhasilkah pertahanan ala Honda ??? Sama-sama kita saksikan pada tahun 2013 :mrgreen: :mrgreen:

Iklan

2 comments on “Opini : 2013 Matik Honda bertahan sekaligus menyerang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s