Opini : 2013 Yamaha nyerang matik, Honda goyang sport

Tahun 2013 sudah di depan mata, tinggal satu bulan kedepan tahun 2012 ditutup dengan penguasaan pasar roda dua yang sudah dapat diprediksi pemenangnya.
Yang menarik justru pada tahun 2013 nantinya dimana akan ada saling serang dimasing-masing segmen oleh duo penguasa pasar roda dua di Indonesia.

Penguasaan Honda yang belum paripurna jelas merupakan ganjalan bagi pabrikan sayap kepak dalam menancapkan dominasi yang dilakukannya di Indonesia sehingga suka tidak suka Honda akan melakukan usaha untuk secara cepat menguasai segmen sport, sambil tetap mempertahankan penguasaannya pada segmen matik maupun bebek.
Sementara itu, mantan penguasa segmen matik Yamaha sudah dapat dipastikan akan menyerang disegmen matik dan tetap dengan usaha yang gigih menahan goyangan dan gempuran Honda di segmen motor sport.
Pertanyaannya sebenar siapa yang paling siap amunisi dalam pertempuran ini ? Coba kita jabarkan perlahan.

Yamaha
Serangan Yamaha tentu dapat dipastikan pada segmen matik karena memang secara penguasaan pasar keruntuhan peguasaan pasar Yamaha secara umum karena anjloknya performa matik yang merupakan andalan pabrikan garputala dalam merangsek pasar Roda dua nasional. Yamaha memulai memulainya sejak tahun 2012 ini dengan totalitas mengaplikasikan teknologi injeksi YM-Jet Fi pada matik segmen low endnya.
Tahun 2013 ini TB meyakini Yamaha kembali segera melakukan refreshment pada matik mereka, yaitu Mio J maupun Soul GT, kok cepat ? Yups zaman sudah berubah jika tidak segera berimprovisasi siap-siaplah mati. Produk sudah memiliki life cycle yang lebih singkat sehingga mau tidak mau ATPM kudu cepat mensiati perubahan mindset konsumen.
Tahun 2013 Yamaha sudah dapat dipastikan akan merombak Xeon menjadi Xeon FI, contoh soalnya sudah dirilis di Thailand.
Kemudian di segmen matik retro, tentunya sudah terlihat fakta bagaimana performa dari Mio Fino yang semakin melorot. Nah kemudian isu akan dirampingkannya barisan Mio Fino menjadi satu Varian saja kudu dicermati, dan sudah pasti jika memang Yamaha tetap hendak menikmati kue matik retro tahun 2013 Mio Fino harus disematkan fitur injeksi.
Nah cukupkahh pertnyaannya jika hanya menggempur segmen matik hanya dengan 4 produk ini ??? Bagi TB tidak akan cukup jika Yamaha hanya mengandalkan 4 produk ini. Karena kompetitor mereka Honda punya segudang amunisi yang dapat membungkam setiap gerakan mereka.
Yang harus dilakukan oleh Yamaha jika menghendaki perlawanan yang mereka lakukan menggigit adalah dengan menambah jenis/varian matik yang mengaspal di Indonesia. Disamping itu pula Yamaha kudu nggak usah malu-malu menambahkan fitur-fitur yang dapat dinikmati oleh konsumen langsung ketimbang fitur-fitur yang katanya canggih tetapi konsumen tidak lah dapat merasakan manfaat secara langsung dari fitur tersebut.
logo honda

Honda
Sebagai raja pada penguasaan pasar roda dua, Honda belumlah puas jika segmen sport. Sehingga sangat wajar jika ditahun 2013 penguasaan segmen motor sport merupakan program AHM selain dari memperkuat benteng pertahanannya disegmen matik dan cub a.k.a bebek.
Honda boleh dikatakan menggoyang bukan menggempur karena memang tipikal pabrikan sayap kepak begitu penuh perhitungan dan sistematis dalam usaha untuk mengupayakan kemenang agar dapat berlangsung lama. Kalau di ring tinju gaya nya mirip Muhammad Ali bukan Mike Tyson.
Segmen sport akan diserang oleh AHM pertama kali pada mid end sport 150cc. Segmen ini adalah segmen yang gemuk sehingga AHM tentunya memprioritas untuk menguasai segmen ini. Akumulasi dari keberhasilan menguasai segmen ini adalah total penguasaan pasar nasional segmen sport. Kedatanga Cb150R dan K18 sudah direncanakan dengan matang oleh AHM, tetapi coba kita cermati bahwa CB150R yang paling banyak dibocorkan oleh AHM kenapa ya ? Sederhana saja, karena memang AHM sangat cerdik dalam melakukan penetrasi pasar. K18 adalah andalan utama AHM pada segmen ini, jika CB150R untuk menangkap konsumen yang sedikit lebih mapan, K18 adalah pasukan penyapu ranjau, di mana konsumen bebek high end, Motor India, yang pingin naik kasta dari bebek low end ke sport low end akan diakomodir oleh K18.
Uniknya lagi K18 juga menurut TB difungsikan sebagai motor pembanding dengan kompetitor, Yaitu Yamaha Vixion, kenapa ? Sederhana saja, sama-sama SOHC sama-sama Injeksi trus apa bedanya Shockbreaker saja kan.. ? Kalau cuma Shockbreaker belakang kenapa harga bisa terpaut jauh dengan K18, dan AHM pada posisi harga Vixion juga memiliki jagoan yaitu K15 a.k.a CB150R dengan konfigurasi DOHC 6 Speed, Fuel Injeksi, Desain padet! Kebayang nggak apa yang muncul dibenak konsumen.
Disegmen 200cc Tiger tentu Honda akan melakukan peremajaan tiger minimal macan Honda tersebut akan disematkan fitur Injeksi.
Sedangkan disegmen 250cc TB menyakini Honda akan kekeuhh untuk mempertahan CBR250R walaupun terlihat lebih inferior dari Kawasaki Ninja 250Fi namun pembuktian di arena Indospeed tidak lah bisa dianggap remeh dan jelas inilah alasan yang akan diberikan oleh AHM setiap kali muncul pertanyaan mengenai CBR250R yang berhubungan dengan keperkasaan produk ini.
Peluang masuknya CBR500R dan klannya cukup terbuka lebar namun menurut TB AHM tidak akan serta merta memasukkan produk ini karena memang persiapan yang matang perlu dilakukan sehingga konsumen tidaklah kecewa membeli produk ini sehingga masuknya CBR500R dan klannya di 2013 masih tifisss dan belum terprediksi oleh TB.

Nah bagaimana pertahanan Yamaha di segmen sport dan pertahanan Honda di segmen matik dan cub ? Semoga TB diberikan Allah waktu untuk menuliskannya, aminnnn.

Iklan

6 comments on “Opini : 2013 Yamaha nyerang matik, Honda goyang sport

  1. Ping-balik: Opini : 2013 Matik Honda bertahan sekaligus menyerang | Teras Belitong Blog

  2. Ping-balik: MOTOGP 2012: Valentino ‘The Doctor’ Rossi tak menyesal … | motogpnews.biz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s